close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Berikan Pemantapan Petugas Dukungan Psikososial Bagi Tagana Se Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2943
Rabu, 14 Jun 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Belakangan ini semakin banyak masyarakat  yang peduli, juga banyak lembaga dan kelompok masyarakat yang mulai memberikan bantuan psikososial, namun terkadang niat baik saja tidak cukup. Bantuan justru dapat berakibat memperburuk kondisi. Anak-anak pengungsi Merapi di salah satu posko di Borobudur menjadi semakin agrersif,karena selalu diajak bermain dengan tema kompetisi dana pemenangnya diberi hadiah. Begitu juga anak-anak di Poso mengalami mimpi buruk yang semakin parah setelah diminta menggambar kejadian traumatik yang dialaminya tanpa diikuti relaksasi. Hal ini menggambarkan bahwa pentingnya psikososial bagi pihak-pihak yang ikut andil dalam permasalahan-permasalahan yang menyangkut bencana alam karena tidak hanya fisik (pangan, sandang, papan) bantuan yang mereka butuhkan tetapi bantuan psikis juga sangat mereka butuhkan.

Rabu, 14 Juni 2017 bertempat di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru Dinas Sosial Provinsi Riau melalui Bidang Linjamsos berikan pemantapan petugas dukungan psikososial bagi Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang saat ini menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk dapat mendampingi korban pada pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. 

Acara yang berlangsung selama tiga (3) hari ini diikuti 50 orang peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota Provinsi Riau dan narasumber berasal dari Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Provinsi Riau, Psikolog dan Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Khusus yang memiliki sertifikat keahlian.

Dalam sambutannya H. Syarifuddin AR selaku Kadis Sosial Provinsi Riau berharap dengan adannya kegiatan ini Tagana lebih mengetahui, memahami, pelaksanaan penanganan korban bencana pada pasca bencana yang selama ini luput dari perhatian.