close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sosialisasi Dan Workshop Awal Dalam Rangka Penyusunan Naskah Akademis Sistem Kesehatan Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3085
Rabu, 09 Agu 2017

Dari perspektif sistem kesehatan, Provinsi Riau menghadapi 3 (tiga) tantangan besar yaitu belum optimalnya status kesehatan masyarakat, belum seluruh penduduk terlindungi oleh jaminan kesehatan, dan masih banyaknya penduduk yang berobat ke Negara tetangga (Malaysia dan Singapura). Banyaknya penduduk yang berobat ke luar negeri mengindikasikan masih adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Provinsi Riau. Dari perspektif sistem kesehatan, adanya 3 masalah tersebut mengindikasikan belum optimalnya penataan sistem kesehatan di Provinsi Riau.

Untuk menyikapi kondisi yang demikian, solusi perspektif sistem yang tepat adalah melakukan penguatan sistem kesehatan atau Healthy System Strengthening, dalam hal penguatan Sistem Kesehatan Provinsi (SKP) Riau.

Jum’at (04/08/2017). Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerja sama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran UGM mengadakan Sosialisasi Dan Workshop Awal Penyusunan Naskah Akademis Sistem Kesehatan Provinsi Riau bertempat di Hotel Priemere Pekanbaru.

Selain Narasumber Dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau kegiatan ini di Narasumberi oleh Kepala PKMK FK UGM Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, MSc., PhD dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM.

Sosialisasi ini dihadiri  Ketua DPRD Provinsi Riau (Komisi E), Biro Hukum, Bappeda Provinsi Riau dan berbagai lintas sektor kesehatan yaitu Direktur RSUD Arifin Ahmad, Direktur RSJ Tampan, RSUD Swasta di Pekanbaru, Organisasi Profesi Kesehatan Level Provinsi (IDI, IBI, PPNI, IAKMI), Dekan FK UR, BPJS Deputi Wilayah Riau dan Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD menyampaikan “Dalam membangun sistem kesehatan di Provinsi Riau jangan menganggap ini sebuah proyek akan tetapi benar-benar membangun Riau menjadi lebih baik dan sistem kesehatan di Provinsi Riau sampai ke anak cucu kita”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan saat kata sambutannya “Penyusunan SKP-Riau dimaksudkan untuk dapat dipergunakan sebagai landasan , arah dan pedoman penyelenggaraan pembangunan kesehatan baik oleh masyarakat, swasta, maupun oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota serta pihak terkait lainnya”, ucapnya.

Tujuan SKP-R sendiri terselenggarannya pembangunan kesehatan oleh semua potensi baik masyarakat, swasta maupun pemerintah secara sinergis, berhasil guna dan berdaya guna sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.