close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Berikan BIMTEK Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Se Provinsi Riau Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3111
Senin, 14 Agu 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. LKS mempunyai fungsi sebagai mitra Pemerintah, baik Provinsi maupun daerah Kabupaten/ Kota dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Sehingga LKS diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani permasalahan sosial yang terdapat disekitar LKS. Pada kenyataannya, masih banyak LKS hanya mampu melaksanakan pelayanan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) dengan kekuatan kelembagaan dan konsisi sumberdaya yang terbatas. Sedangkan saat ini telah terjadi peningkatan jenis maupun jumlah masalah sosial, baik masalah sosial lama yang disebabkan aspek sosiologi konvensional maupun masalah baru yang disebabkan aspek perubahan sosial yang transformatif sebagai pengaruh situasi sosial dari dalam maupun luar negeri.

Kondisi tersebut di atas mendorong pemerintah, dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Riau meningkatkan peran aktif LKS menjadi salah satu penopang dan pelaku pembangunan kesejahteraan sosial. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan kapasitas Lembaga Kesejahteraan Sosial. Melalui Bimbingan Teknis hal tersebut dapat tercapai, sehingga pengelolaan LKS berorientasi kearah profesional.

Dinas Sosial Provinsi Riau memberikan bimbingan teknis bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dari tanggal 9 s.d 10 Agustus 2017 bertempat di Furaya Hotel. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si dihadiri oleh 60 orang yang berasal 12 Kabupaten/ Kota. Melalui kegiatan ini beliau menyampaikan bahwa Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sebagai mitra pemerintah dalam sektor kesejahteraan sosial hendaknya satu visi, misi dan persepsi dengan pemerintah Provinsi Riau sehingga tujuan yang hendak dicapai itu satu arah sehingga dapat berjalan dengan sukses.

Beliau juga berharap agar para peserta dapat bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya dan mampu menjabarkan berbagai program pemerintah yang berkenan dengan penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di wilayah masing-masing.