Index Berita

Kamis, 01 Jan 1970
Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2315

Kegiatan Seminar Pemberdayaan Adat Dan Masyarakat Adat Melayu Se Provinsi Riau Tahun 2016 secara resmi telah dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  Pemerintahan dan Pembangunan Desa Provinsi Riau, Bapak H. Sudarman, SH., MH., pada tanggal 14 November 2016.

Kegiatan yang berlangsung di hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru mulai dari tanggal 14 s/d 16 November 2016 ini dihadiri oleh: Perwakilan BPMP Bangdes Provinsi Riau, BPM Kabupaten / Kota dan Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi dan Kabupaten Kota

 Adapun dasar dari kegiatan ini adalah :

  • Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penataan Lembaga
    Kemasyarakatan

  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pelestarian Dan Pengembangan Adat Istiadat Dan Nilai Sosial Budaya Masyarakat Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pengakuan Dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan pelestarian dan pengembangan adat  istiadat guna membina dan melestarikan budaya setempat, meningkatkan peran pengurus kerapatan adat serta hubungan antara tokoh adat dengan pemerintahan desa dan kelurahan dan menggali potensi yang mampu dikembangkan dari masyarakat adat.

gplus