close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PERESMIAN GEDUNG BEDAH SENTRAL TERPADU (GBST) DAN LAUNCHING SMS GATEWAY RSUD ARIFIN ACHMAD OLEH GUBERNUR RIAU BERSEMPENA DENGAN HUT PROVINSI RIAU KE- 60

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3097
Sabtu, 12 Agu 2017

    Pekanbaru – Pada acara memperingati hari ulang tahun Provinsi Riau yang ke-60 yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2017 di Lapangan kantor Gubernur Riau, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menggelar peresmian Gedung Bedah Sentral Terpadu (GBST) dan Launching SMS Gateway yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Riau H. Arsyad Juliandi Rachman,MBA.

    Acara peresmian Gedung Bedah Sentral Terpadu merupakan kado termanis bagi warga di bumi langcang kuning. Gubernur mengatakan “Peresmian Gedung Bedah Sentral Terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau merupakan perwujudan dari salah satu komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dibidang kesehatan. Harapannya RSUD Arifin Achmad dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada masyarakat”.

Image title

Gedung Bedah Sentral Terpadu Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau

    Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS menjelaskan bahwa Gedung Bedah Sentral Terpadu merupakan gedung 5 lantai yang didalamnya terdapat ruang perawatan intensif seperti ruang Intensive Care Unit (ICU),Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dan ruang Operasi yang digunakan untuk : Bedah Umum, Bedah Anak, Bedah Ortopedi, Bedah Syaraf, Bedah Digestif, Bedah Urologi, Bedah Onkologi (tumor), Bedah Jantung dan Pembuluh darah, Bedah Plastik dan Bedah Kepala Leher. Sedangkan kamar operasi di Gedung Bedah Sentral Terpadu memiliki kelebihan menggunakan teknologi terbaru dan termodern yang salah satunya adalah circular pendant. Dengan adanya circular pendant ini, semua peralatan seperti monitor, ventilator, outlet gas medis, dan listrik dapat diputar sedemikian rupa sehingga tidak ada lagi kabel – kabel yang menghambat mobilitas tenaga medis. Peralatan ini merupakan pertama di sumatra dengan kelebihan dapat menyesuaikan kesegala arah bagaimanapun posisi pasien yang akan di operasi.

    Pada setiap ruang operasi juga dilengkapi dengan Wall Panel yaitu anti bakterial dengan design yang apik serta dilengkapi dengan lemari tertanam sehingga tidak mengurangi volume kamar operasi. Disamping Wall Panel, disetiap kamar operasi juga dilengkapi Hepa Filter dengan Laminar Flow dan pada beberapa kamar operasi juga dilengkapi dengan Pb(timbal) sehingga setiap operasi yang membutuhkan sinar-x (Radiasi) akan tertahan tidak sampai keluar termasuk juga petugas kamar operasi yang dilengkapi baju apron anti radiasi.

    Direktur juga menambahkan GBST RSUD Arifin Achmad juga dapat memberikan pelayanan operasi yang masih jarang dan bahkan belum bisa dilakukan pada rumah sakit lainnya yang ada di Pekanbaru seperti operasi pembentukan dan penyambungan oesophagus (kerongkongan) pada bayi oleh bedah anak, operasi tulang punggung dengan endoscopy, berbagai tindakan bedah khusus lainnya misalnya : Operasi bedah jantung terbuka, bedah pembuluh darah (vaskuler), laparascopy pencernaan, operasi pencernaan, operasi batu saluran kemih dengan alat khusus, operasi rekonstruksi bedah plastik dan operasi lainnya dengan tingkat kesulitan tinggi serta operasi khusus seperti multiple trauma, tumor anak dan dewasa serta kondisi kasus lainnya yang membutuhkan tim dokter dan pendukungnya. GBST RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau juga memiliki ruang operasi yang diperuntukkan bagi Spesialis Obgyn dengan tim perinatologi yang memiliki ruang resusitasi bayi dengan instrumen SDM yang baik sehingga bayi yang dilahirkan dengan kondisi khusus bisa mendapatkan pelayanan paripurna, selain itu terdapat juga pelayanan pembedahan gigi dan mulut, THT dengan endoscopynya kemudian mata dengan instrument canggih lainnya serta kamar operasi yang diperuntukan untuk laparascopy dan endoscopy.

    GBST RSUD Arifin Achmad didukung oleh 50 Dokter spesialis dan SubSpesialis/Konsultan dari berbagai disiplin ilmu, 6 Dokter Anestesi dam 66 orang petugas operasi. selain itu GBST RSUD Arifin Achmad juga memiliki Ruang Patologi Anatomi yang dapat melakukan analisis Frozen Section dimana dengan analisis ini hasil-hasil jaringan yang memerlukan tindakan operasi lanjut seperti tumor dan kogenital/bawaan lahir dapat ditindak lanjuti serta ruang farmasi yang cukup untuk mendukung pelayanan operasi.

    Merujuk pada kelas RSUD Arifin Achmad sebagai Rumah Sakit Type B pendidikan, GBST RSUD Arifin Achmad juga dilengkapi dengan ruang diskusi, Workshop lengkap dengan kamera yang ditempatkan pada masing-masing ruang kamar operasi sehingga dapat diakses diruang diskusi sebagai bentuk pembelajaran.

    Pada kesempatan yang sama, Gubernur Riau juga melaunching layanan SMS Gateway di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dimana dengan layanan ini pasien yang sudah pernah terdaftar di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dapat mendaftar cukup dengan SMS tanpa perlu mengantri pada saat berobat selanjutnya sehingga waktu tunggu pasien di ruang pendaftaran menjadi lebih singkat.

Image title

Salah satu Ruang OK (Kamar Operasi) yang ada di Gedung Bedah Sentral TerpaduRSUD Arifin Achmad Provinsi Riau