close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

TULANG BELAKANG YANG BENGKOK KINI BISA DILURUSKAN DI RSUD ARIFIN ACHMAD

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3212
Rabu, 13 Sep 2017

Penting namun sering terlupakan. Kesehatan tulang belakang sangat krusial untuk menopang kegiatan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk mendukung pergerakan, tapi juga melindungi organ-organ tubuh kita agar tetap berada di posisi seharusnya dan supaya dapat berfungsi dengan baik. Salah satu masalah tulang belakang yang sering tidak kita sadari atau hiraukan adalah skoliosis atau kelainan tulang belakang yang berubah bentuk dari lurus menjadi melengkung, yang cenderung berbentuk huruf 'S' dan skoliosis ini  lebih banyak ditemukan pada kaum wanita. Hal ini disebabkan tulang belakang wanita lebih lentur daripada pria. Sebaliknya, pria memiliki tulang punggung yang lebih tebal. Hingga saat ini belum ditemukan penyebab jelas skoliosis. Hampir 80% kasus skoliosis tidak diketahui penyebabnya.

Image title

Skoliosis ini yang juga dialami oleh pasien wanita berumur 19 tahun dengan keluhan nyeri punggung tidak tertahankan yang terjadi sejak adanya perubahan tulang belakang yang lebih bengkok ke kanan sekitar 6 tahun yang lalu. Nyeri semakin berat dan menjadi tidak tertahankan apabila pasien melakukan aktivitas atau dalam posisi duduk/berdiri dengan waktu yang lama.

Image title

Untuk pertama kalinya, pada tanggal 22 Agustus 2017,  RSUD Arifin Ahmad melakukan operasi posterior correction and spinal fusion  (koreksi tulang belakang) pada pasien wanita tersebut dengan dokter operator dr. Syafrudin, SpOT (K)  didampingi  dr. Chairuddin Lubis SpOT. Setelah melihat kondisi pasien saat kontrol ulang pada tanggal 08 September 2017, dr. Syafrudin, SpOT (K) menyatakan bahwa hasil operasi baik dan pasien juga tidak ada keluhan yang berarti.  Diharapkan pasien bisa beraktifitas seperti biasa dalam waktu dekat.

Image title

Kemudian dr. Syafrudin, dokter orthopedi yang telah mengambil subspesialis tulang belakang (spine) di Jepang ini mengatakan bahwa mari kita pikirkan lagi, jika di Propinsi Riau sudah ada Rumah Sakit  Umum Daerah Arifin Achmad dengan dokter yang kompeten, untuk apa kita jauh-jauh ke luar propinsi Riau? Lagipula jika kita berobat di RSUD Arifin Ahmad, maka akan lebih menghemat biaya transportasi dan akomodasi.Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.