close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PERSINGKAT WAKTU TUNGGU, RSUD ARIFIN ACHMAD GUNAKAN SMS GATEWAY DAN SEPEDA LISTRIK

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3223
Jum'at, 15 Sep 2017

     Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik, RSUD Arifin Achmad meluncurkan SMS Gateway yang diharapkan menjadi solusi mengatasi antrian yang banyak di pendaftaran rawat jalan, sehingga waktu tunggu pemberian layanan pendaftaran terhadap pasien dapat lebih dipersingkat lagi.

      Untuk tahap awal, SMS Gateway ini berlaku bagi pasien ulangan/ pasien yang pernah berobat di RSUD Arifin Achmad sebelumnya (memiliki kartu berobat), dimana pada kartu tersebut terdapat Nomor Rekam Medis (RM) pasien yang bersangkutan yang diperlukan saat melakukan pendaftaran melalui SMS, dan akan dikembangkan lagi kedepannya agar dapat dimanfaatkan bagi semua pasien yang akan berobat di RSUD Arifin Achmad. Pada tanggal 09 Agustus 2017 bersempena dengan HUT Provinsi Riau ke-60, Gubernur Riau melakukan launching penggunaan SMS Gateway di RSUD Arifin Achmad .

     Dari pemantauan sejak bulan Juli hingga Agustus 2017 pasien yang menggunakan SMS gateway sebagai sarana untuk mendaftar semakin meningkat. Data penggunaan SMS Gateway pada bulan Juli adalah sebanyak 190 pasien dan penggunaan pada bulan Agustus meningkat 6 kali lipat, yaitu sebanyak 1268 pasien

    Selain SMS gateway, sepeda listrik juga digunakan untuk layanan pengantaran berkas rekam medis pasien. Selama ini pengantaran berkas pasien memakan waktu lama dikarenakan kondisi RSUD Arifin Achmad yang cukup luas, salah satu contohnya adalah pengantaran berkas di Gedung Seruni (Instalasi Kanker Terpadu).

     Nah, dengan adanya upaya-upaya perbaikan pelayanan pendaftaran tersebut mudah-mudahan RSUD Arifin Achmad dapat memberikan yang terbaik bagi pasien.