close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dokter Spesialis THT-KL RSUD AA Pasang Rumah Siput Buatan, Kenzy Kini Bisa Mendengar Lagi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3287
Sabtu, 30 Sep 2017

      Ada yang beda pada kegiatan Bakti Kesehatan Nasional Telinga Hidung Tenggorok-Kepala Leher (THT-KL) yang diadakan di RSUD Arifin Achmad kali ini. Satu dari 36 kasus operasi telinga yang ditangani dan paling menonjol , yakni penanaman rumah siput buatan terhadap bocah usia lima tahun atas nama M Kenzy Raditya. Ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Riau dan gratis karena pasien merupakan peserta BPJS Kesehatan.

      Menurut Santi, 29 tahun, sang ibu, Kenzy telah didiagnosa oleh dokter terkena virus sehingga mengalami tuli sejak lahir. Setelah menjalani operasi ini, orang tuanya berharap, Kenzy cepat sembuh dan dapat bermain dengan teman temannya.

      Kunjungan gubernur didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Hj Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM beserta rombongan untuk menyaksikan secara langsung kegiatan operasi THT-KL yang diadakan oleh Perhimpunan Ahli THT Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) dengan dipimpin oleh Ketua Umum PERHATI-KL, dr. Soekirman, Sp. THT-KL(K),M.Kes.

       Pada saat itu Gubernur berkesempatan untuk melihat langsung proses operasi THT-KL yang sedang berjalan. Setelah itu Gubernur juga mengunjungi dan bercengkrama dengan pasien pasca operasi dan keluarga.

       Di akhir kunjungan, Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih kepada PERHATI-KL karena telah mengadakan Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di RSUD Arifin Achmad. Karena dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi ajang bagi para dokter spesialis THT, khususnya yang ada di RSUD Arifin Achmad untuk berdiskusi, berbagi dan sharing ilmu (Transfer of Knowledge). Sehingga dapat meningkatkan kemampuan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

        Gubernur berharap kegiatan ini ke depannya tidak hanya sekali, tapi akan diadakan kembali di Provinsi Riau serta akan terus berlanjut. Selain itu, hal ini juga menjadi pembuktian bahwa kamar operasi yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau di RSUD Arifin Achmad telah mampu dan layak untuk melakukan operasi canggih seperti penanaman rumah siput buatan tadi. Serta operasi canggih lainnya, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Acara yang berlangsung selama empat hari sejak 21 hingga 24 September 2017 dibuka langsung oleh Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS dan dihadiri oleh Ketua Umum PERHATI-KL dr. Soekirman, Sp.THT-KL(K) M. Kes serta Panitia Bakti Kesehatan Nasional THT-KL yang diketuai oleh dr. Ariman Syukri, Sp. THT-KL dan dr. Sona, Sp.THT-KL sebagai Ketua PERHATI-KL cabang Riau.

Kegiatan operasi THT-KL ini diikuti oleh 45 pasien BPJS terdiri atas 36 kasus operasi telinga dan 9 kasus operasi tumor hidung, dan rekonstruksi daun telinga. Penanganan operasi dilakukan oleh tim dokter Bakti Kesehatan Nasional THT-KL yang tentu sangat ahli dan perpengalaman di bidangnya. Tim dokter tersebut terdiri atas 47 dokter dari pusat dan 70-an dokter yang berasal dari Riau.