close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Capai Target UCI , Dinkes Berikan Penghargaan Kepada Siak, Dumai, Dan Pekanbaru

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3319
Selasa, 10 Okt 2017

Dalam rangka menghindari KLB (kejadian Luar Biasa) akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), perlu dukungan dari surveilans epidemiologi. Kualitas pelayanan imunisasi yang kurang optimal dapat mengakibatkan kegagalan imunisasi yang akan mengancam kesakitan, kecacatan,atau bahkan kematian pada anak yang diakibatkan PD3I.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pertemuan Validasi Data Program Imunisasi Tahun 2017 di Hotel Premiere Pekanbaru  pada tanggal 9 – 11 Oktober 2017. Peserta terdiri dari Kepala Bidang atau Kepala Seksi yang membawahi program imunisasi dan pengelola Program Imunisasi Kab/Kota Provinsi Riau.

Tujuan dari Pertemuan ini adalah melakukan evaluasi program dalma rangka meningkatkan capaian imunisasi rutin , memahami dan mengupayakan kualitas data imunisasi yang benar dalam rangka mengingkatkan capaian imunisasi rutin dan adanya pemecahan permasalahan dilapangan dalam hal pelaporan data.

Imunisasi dasar lengkap (IDL) dimulai dengan pemberian imunisasi HB0 (Hepatitis B) < 24 jam 1 kali, imunisasi Pentavalen (DPT-HB-Hib) 3 kali, imunisasi Polio 4 kali, imunisasi IPV 1 kali dan imunisasi campak 1 kali pada imunisasi rutin.Dan untuk melengkapi IDL pada bayi, diberikan imunisasi lanjutan pada anak bawah dua tahun (baduta), anak usia sekolah (BIAS) dan Wanita Usia Subur (WUS) termasuk ibu hamil.

 Untuk anak usia sekolah diberikan imunisasi campak dan DT (Difteri Tetanus) pada Agustus dan November untuk anak Kelas 1 SD (usia < 7 Tahun), imunisasi Td (Tetanus Toxoid) pada November untuk anak Kelas 2 SD (usia > 7 Tahun).

Sesuai dengan Permenkes No.12 Tahun 2017 untuk imunisasi Td kelas 3 SD akan ditiadakan untuk tahun 2017 dan 2018 dan akan dijadwalkan pada kelas 5SD yang akan dimulai tahun 2019 dan sejak bulan April 2016, pemberian imunisasi TT pada WUS sudah diganti dengan imunisasi Td sesuai dengan informasi dari Kemenkes RI.

Target pemerintah dalam pencapaian UCI (Universal Child Immuzation) desa minimal 88% desa pada tahun 2017 di dalam suatu wilayah dengan indicator minimal 95% bayi yang ada di desa sudah mendapatkan IDL.

“Selamat untuk Kab. Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru yang telah mencapai target UCI untuk tahun 2016 di Provinsi Riau,” ujar H.M.Ridwan, SKM,M.Kes selaku Kepala Bidang Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Riau mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam pembukaannya.