close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Hari Ini 100 Perempuan Lakukan IVA Test Di Puskesmas Tambang Kampar

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3332
Kamis, 12 Okt 2017

Sekitar 100 orang lebih yang terdiri dari Organisasi dan kalangan masyarakat Kampar antusias lakukan pemeriksaan IVA Test dan Sadanis di Puskesmas Tambang Kabupaten Kampar. Hal ini cukup memenuhi  jumlah yang ditargetkan yaitu 150 orang dengan rincian 100 orang dari Organisasi Wanita dan 50 orang dari kalangan masyarakat, demikian menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dra.Hj.Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM saat ditemui tim Humas Dinkes Provinsi Riau di lokasi. (12/10/2017)

Kegiatan deteksi dini yang dilakukan di 8 Kabupaten/Kota diantaranya Kabupaten Pelalawan, Kampar, Dumai, Bengkalis, Rokan Hilir, Pekanbaru, Kuantan singingi dan Kepulauan Meranti ini merupakan kerjasama  Dinas Kesehatan Provinsi Riau dengan Dinas Kesehatan Dinkes Kab/Kota bersinergi dengan TP PKK Provinsi dan TP PKK Kabupaten/Kota.

Pada kegiatan Aksi Deteksi ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt,MM langsung turun ke lokasi menyaksikan kegiatan IVA Test di Puskesmas Tambang tersebut yabg dihadiri juga oleh  Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ibu Hj. Niraini Aziz Zainal, Ibu Kajari Kab. Kampar, Ibu Kapolsek Kec. Tambang,  Ibu Ketua DWP Kab. Kampar, Ibu ketua IKKD Kab. Kampar, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, ibu Camat Se-Kabupaten Kampar serta Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Kampar pun turut hadir pada kegaiatan ini.

Sebagaimana diketahui bahwa,test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)  diperlukan bagi wanita usia 30-50 tahun atau yang sudah menikah untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan,” IVA Test perlu dilakukan bagi wanita usia 30-50 tahun atau yang sudah menikah untuk deteksi sejak dini kanker leher rahim,”Ucap Kadinkes. Hal ini sejalan dengan program deteksi dini kanker yang juga didukung oleh persatuan istri pejabat negara yang tergabung dalam organisasi OASE yang diketuai oleh Ibu Joko widodo

Kadinkes juga menghimbau kepada masyarakat agar tak hanya melakukan pengecekan IVA test saja, perlunya menyadari atau melakukan pemeriksaan Payudara Sendiri bagi perempuan sejak usia remaja agar terhindar dari resiko kanker payudara.