close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Terus Tingkatkan SDM Berkualitas, Dinkes Lakukan Orientasi Terhadap Tenaga Honorer Promosi Kesehatan Di Puskesmas

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3498
Kamis, 23 Nov 2017

Salah satu faktor utama penyebab  masalah kesehatan tersebut adalah perilaku masyarakat. Sehingga upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan intervensi perubahan perilaku, melalui upaya promosi kesehatan.

Promosi kesehatan sebagai upaya kesehatan wajib di Puskesmas masih belum menjadi program prioritas. Pelayanan kuratif menjadi andalan di Puskesmas terutama dalam era otonomi  daerah dimana para pemangku kebijakan berlomba-lomba memberikan pelayanan berobat gratis pada masyarakatnya. Sehingga upaya promosi kesehatan tidak begitu banyak mendapat dukungan  baik dari segi dana maupun dalam bentuk kebijakan daerah.

Rabu (15/11/2017). Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Bidang Kesehatan Masyarakat lakukan Orientasi terhadap tenaga honorer promosi kesehatan di Puskesmas bertempat di Hotel Furaya Pekanbaru. Yang mana dalam orientasi angkatan I dan II ini diikuti sebanyak 30 peserta dari 12 Kabupaten/Kota.

Drs. Dedi Parlaungan Kepala Bidang Kesmas selaku mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam hal ini mengatakan “Sangat diperlukan adanya tenaga honor promosi kesehatan di Puskesmas yang memiliki kompetensi menyeluruh dalam upaya promosi kesehatan guna menggerakkan masyarakat, menggalang kemitraan dan mengadvokasi pemangku kebijakan dalam meningkatkan opini public tentang pentingnya promosi kesehatan.”

“Kami melakukan orientasi ini agar peserta yang dipilih ini dapat memiliki pengetahuan utuh tentang promosi kesehatan melalui pendekatan keluarga sehat yang sejalan dengan program PIS-PK serta mampu menerapkannya di Puskesmas,” jelasnya.