close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD ARIFIN ACHMAD BERHASIL MELAKUKAN OPERASI JANTUNG BYPASS PADA 3 PENDERITA JANTUNG KORONER YANG MENGIDAP DIABETES

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4004
Sabtu, 19 Mei 2018

     Sejak pelaksanaan operasi jantung pertama kali hingga saat ini, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta telah berhasil menangani 20 pasien. Tentu seiring meningkatnya jumlah operasi jantung yang dilakukan juga akan semakin meningkatkan kemampuan tim jantung RSUD Arifin Achmad.

      Berturut – turut di akhir bulan April yang lalu, tepatnya hari Jum`at tanggal 27 April 2018 hingga Sabtu tanggal 28 April 2018 kembali dilakukan operasi jantung pada 3 penderita jantung koroner. Uniknya ketiga pasien tersebut mengidap Diabetes. Operasi kali ini ditangani oleh Tim Jantung RSUD Arifin Achmad dengan dokter bedah jantungya dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV bersama dengan Tim Jantung RS Harapan Kita dengan dokter bedah jantungnya dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV serta memakan waktu lebih kurang 3 – 4 jam setiap operasinya.

       Dari wawancara dengan pasien pasca operasi, ketiganya bersyukur karena telah berhasil melewati operasi jantung koroner ini. Pada awalnya, mereka ragu dan telah berobat kesana kemari bahkan ada yang telah beberapa kali melakukan pemasangan cincin namun pada akhirnya tetap harus menjalani operasi jantung bypass. Berkat dukungan keluarga dan keinginan ingin sembuh, akhirnya mereka memberanikan diri untuk dikukan operasi jantung dan saat ini telah diperbolehkan pulang untuk melakukan pengobatan Rawat jalan. Mereka optimis akan segera pulih dan dapat beraktivitas kembali sedia kala.

Image title

TERSENYUM : Salah seorang pasien jantung koroner yang mengidap Prediabetes Syndrome yang telah melewati operasi bypass mengaku senang dengan kondisinya yang sudah mulai membaik setelah melewati operasi jantung saat diwawancara oleh tim Humas di Ruang perawatan.

      Dokter bedah jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Hariadi Hatta, Sp.BTKV dalam wawancara mengatakan “ Operasi berjalan dengan lancar, dan semua dapat ditangani. Proses perawatannya pun sudah bagus karena sesuai dengan standar RS Harapan Kita yaitu 5 hari dirawat lalu bisa pulang”. Mengingat ketiganya adalah pasien mengidap diabetes, dr. hariadi hatta, Sp.BTKV menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berpenyakit jantung dan mengidap Diabetes untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara olah raga yang rutin, cukup tidur, mengurangi komsumsi gula dan makanan yang mengandung kolesterol, serta berusahalah untuk mengontrol gula dalam keadaan normal. Karena apabila gula dalam keadaan normal dapat mencegah komplikasi – komplikasi seperti stroke dan gagal ginjal. Satu hal yang terpenting adalah berhentilah merokok karena dengan merokok selain dapat merusak paru – paru, asap rokok juga mengandung oksidan yang sangat merusak bagi pembuluh darah. Apabila pembuluh darah sudah rusak maka akan menyebabkan penyumbatan.

Image title

WAWANCARA : Dokter Spesialis bedah jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV menjelaskan bagaimana bahaya diabetes terhadap pasien berpenyakit jantung sekaligus mengajak masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat agar dapat terhindar dari penyakit jantung.

       Mengakhiri wawancara, dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV sangat mendukung upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam memperkuat pelayanan jantung dengan membangun sebuah pusat pelayanan jantung terpadu yang berorientasi kepada pasien dimana akan terdapat fasilitas yang lengkap dengan alat-alat yang canggih, dokter-dokter ahli yang mumpuni, hingga perawat-perawat yang sangat berkompoten sehingga para pasien akan dapat terlayani secara paripurna dalam 1 tempat terpadu.