close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mie Sagu Kuliner Wajib Dicicipi Bila Datang Ke Pekanbaru

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4038
Rabu, 06 Jun 2018

PEKANBARU - Masyarakat di Nusantara mengenal sagu sebagai makanan pokok masyarakat di wilayah timur Indonesia yaitu Maluku dan Papua. Selain di wilayah tersebut, bahan makanan yang terbuat dari batang pohon rumbia itu juga merupakan panganan khas masyarakat Riau.

Di Riau daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning itu, sagu merupakan makanan khas masyarakat melayu khususnya di daerah pesisir, yaitu Selat Panjang Kabupaten Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Dumai. 

Tetapi sagu di Riau diolah menjadi menu yang berbeda dengan wilayah Indonesia bagian Timur itu. Masyarakat Papua ataupun Maluku biasanya mengolah sagu menjadi papeda, sejenis bubur putih. Di daerah Provinsi Riau sagu diolah menjadi mie. 

Saat ini selain di daerah pesisir Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru Ibu Kota provinsi Riau juga marak para penjual mie sagu. Panganan ini disajikan di beberapa kedai yang hampir rata-rata penjualannya orang Melayu. 

Mie sagu ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah dan terbukti mampu menurunkan gula darah. Sehingga sangat baik disantap setiap hari khususnya bagi mereka yang diet atau menderita diabetes. 

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie dari Selat Panjang ini, yaitu mie sagu, cabe merah giling, udang basah, toge, daun kucai, ikan teri goreng dan bawang merah. 

Di Provinsi Riau ada 369 jenis kuliner berbahan sagu. Pada tahun 2016 lalu pernah mencatat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan olahan menu makanan dan minuman yang berbahan dasar sagu terbanyak di Indonesia. 

Melaui piagam penghargaan bernomor 7668/MURI/X/2016, kuliner sagu Riau mengalahkan rekor MURI yang penah dipegang oleh Kota Ambon yakni sebanyak 308 makanan berbahan sagu pada tahun 2015 silam. (hru/gpi).

Laporan 

Raden Heru Christianto 

Humas GenPI Regional Riau

Foto by : Novriansyah


Kunjungi Juga : YUK NGABUBURIT SAMBIL BERKUDA DI MASJID RAYA AN NUR PEKANBARU

------------------------------

Kami juga mengundang kalian untuk dapat bergabung bersama kami sebagai Pejuang Pariwisata Riau, caranya dengan bergabung ke GenPi.co dan Pilih Regional GenPi Riau, silahkan daftar di link dibawah ini :

http://www.genpi.co/member/signup

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau