close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Laksanakan Penyusunan Laporan Logistik Semester I Se Provinsi Riau Tahun 2018

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4115
Kamis, 19 Jul 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Senin (16/07/18), Dinas Sosial Provinsi Riau melaksanakan pembukaan Penyusunan Laporan Logistik Semester I kegiatan Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) tahun 2018, bertempat di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. Kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari Kepala Seksi/ Pejabat yang menangani penanggulangan bencana dan Petugas Administrasi Logistik/Gudang  Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dengan Narasumber dari  Dinas Sosial Provinsi Riau dan Kementerian Sosial RI Deni Sutamsah, S.Sos.

Kadis Sosial Drs. H. Dahrius Husin, MM saat membuka acara menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan pengelolaan barang persediaan agar terjaga dengan baik, efektif, efisien dan akuntable, maka diperlukan suatu pengorganisasian pengelolaan barang di gudang. Menurut beliau system pelaporan yang kita lakukan secara manual saat ini nantinya akan mengarah ke System Informasi Manajemen Logistik (SIMLOG) yang berbasis komputerisasi. Untuk mewujudkan pembuatan laporan yang akuntable, Dinas Sosial Provinsi Riau dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota melakukan pengawasan dan pengendalian barang persediaan logistik yang berada di gudang, pergerakan terhadap barang logistik baik yang masuk maupun barang yang keluar sesuai dengan system FIFO, melaksanakan opname fisik secara berkala triwulan dan semester, membuat berita acara penyerahan barang sebagai bukti pengeluaran barang logistik dan membuat laporan perkembangan stock barang logistik setiap bulan.

Sebelum menutup sambutannya Kadis Sosial mengingatkan kembali di tahun 2017 Kementerian Sosial RI kembali meraih predikat “W T P” dari BPK RI, menurut beliau peran dan andil kita di daerah  merupakan salah satu pendukung untuk mencapai predikat itu. “Dengan dipandang baiknya pengelolaan persediaan dan Barang Milik Negara di daerah, merupakan beban berat bagi kita untuk mempertahankan predikat tersebut agar pengelolaan barang dan asset dari Kementerian Sosial RI lebih transparan, tepat sasaran dan akuntable”, ujar Kadis Sosial. 

Kadis Sosial berharap kepada seluruh petugas untuk dapat memperhatikan sistem penatausahaan dan pengadministrasian barang persediaan dan aset agar lebih baik dan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dan sesuai harapan kementerian Sosial RI. Beliau menambahkan dengan terlaksananya kegiatan ini maka akan terkumpulnya data barang persediaan gudang-gudang di Kabupaten/Kota, adanya rekonsiliasi data asset dan barang logistik sehingga dapat tersusunnya laporan logistik serta tersusunnya buku laporan logistik Dinas Sosial Provinsi Riau Semester I tahun 2018.