close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Cuplikan Festival Budaya Bahari Pantai Selat Baru Bengkalis Tahun 2019

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5142
Kamis, 01 Jan 1970

Dalam Festival Budaya Bahari Pantai Selat Baru Bengkalis tahun 2019 juga diramaikan oleh bermacam permainan tradisional, salah satunya adalah permainan jong kantil.

Riau memiliki sejumlah permainan tradisional yang saat ini masih terus dilestarikan. Salah satunya adalah permainan Jong. Pemainan rakyat khas melayu ini masih bisa ditemukan di tengah masyarakat melayu.

Jong merupakan permainan dengan menggunakan replika perahu layar, kendati demikian perahu tersebut juga bisa berlajar ratusan meter.

Sumber Channel Pariwisata Riau

Baca Juga : KADISPAR RIAU DILANTIK MENJABAT ASDEP PEMASARAN KEMENPAR, BERIKUT REKAM JEJAK KARIRNYA

Jong memiliki panjang 1,5 meter, sedangkan tinggi layar mencapai 2 meter. Sedangkan lebar perahu hanya sejengkal orang dewasa. Jong biasanya terbuat dari jenis kayu pilihan yaitu kayu pulai.

Cara memainkannya adalah dengan mengandalkan tiupan angin yang kencang. Biasanya para pehobi jong memilih lokasi pantai untuk menguji ketangguhan jong miliknya. Jong dibawa dan diletakkan di atas laut, kemudian dilepaskan begitu saja. .

Sejarah permainan Jong ini konon berasal dari sebuah kegitan ritual. Pada jaman dulu orang-orang dari etnis Tionghoa sering memberikan sesaji ke tengah lautan. Dalam sesaji tersebut terdapat sebuah kue bernama Jong Kong. Sesaji ini dibawa dengan sebuah perahu kecil hingga hanyut tak terlihat lagi.

Perahu mini tersebut justru menarik perhatian orang Melayu yang melihatnya. Kemudian oleh orang Melayu perahu tersebut dijadikan sebagai permainan yang menyenangkan. Nama permainannya diambil dari ritual Jong Kong yang dilakukan oleh etnis Tionghoa tersebut. Perahu Jong.

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau