close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

MEMPERINGATI HARI STROKE SEDUNIA, RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU AJAK PASIEN DAN KELUARGA KENALI STROKE

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5149
Kamis, 01 Jan 1970

dr. Riki Sukiandra, Sp.S memaparkan tentang Stroke kepada pengunjung Poliklinik Rawat Jalan

Dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2019, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bekerja sama dengan Kelompok Staf Medis (KSM) Saraf RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan penyuluhan tentang Stroke kepada pasien dan keluarga di Ruang Tunggu Poliklinik Rawat Jalan. Penyuluhan ini digelar pada hari Kamis pagi, tanggal 24 Oktober 2019 dengan menghadirkan narasumber dokter spesialis Saraf RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Riki Sukiandra, Sp.S.

Dalam paparannya, dr. Riki menyampaikan Stroke merupakan gangguan motorik yang terjadi akibat terganggunya fungsi otak yang disebabkan oleh tersumbat atau pecahnya pembuluh darah ke otak. Hal ini dapat terjadi secara tiba –tiba dan dapat berakhir dengan kematian.

Untuk menandai seseorang terkena Stroke dapat dianalisa dengan menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time) Yaitu :

  1. Face (Wajah) : Lihat Wajahnya apakah Simetris apa tidak?

  2. Arm (Tangan) : Apakah dapat mengangkat tangan secara bersamaan?

  3. Speech (Bicara) : Apakah dapat berbicara dengan jelas (tidak pelo)?

  4. Time (Waktu) : Jika wajah tidak simetris, tangan tidak dapat diangkat tangan secara bersamaan keatas, dan berbicara pelo maka dapat dipastikan itu gejala stroke. Segera bawa ke rumah sakit untuk dapat penanganan segera karena semakin banyak detik terlewat semakin banyak pula sel – sel pada otak yang mati.

Agar terhindar dari dari stroke maka dr. riki menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup sehat, makan makanan sehat, dan tidak merokok. Selain itu jaga selalu tekanan darah dan gula darah yang normal, hindari obesitas, dan rajin olahraga agar aliran darah ke otak dapat dapat berjalan lancar dan stabil.