close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kawasan Wisata Bahari Pulau Rupat Utara Dilirik Investor Bali

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5159
Selasa, 12 Nov 2019

RUPAT UTARA | MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 - Kawasan wisata bahari di Kecamatan Rupat utara, Kabupaten Bengkalis kini semakin diminati investor. Pantainya yang membentang sejauh 17 kilometer dan berhadapan langsung dengan negara jiran Malaysia menjadi daya pikat investasi bagi para pelaku usaha pariwisata.

Pulau Rupat utara memiliki objek wisata pantai yang memesona yakni pantai lapin dan pantai pesona, selain itu ada juga sebuah pulau indah yang dijuluki warga sekitar dengan sebutan Beting Aceh. Setiap musim libur pergerakan wisatawan lokal dari Provinsi Riau dan Provinsi tetangga telah banyak datang mengunjungi pantai tersebut.

Bahkan sejak ditetapkanya Pulau Rupat utara sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) melalui peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2011 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional tahun 2010 – 2025 dan bakal dijadikannya Pulau Rupat utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, kini kawasan itu manjadi sebuah harapan besar bagi pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku usaha untuk memajukan daerahnya sehingga bisa berdampak positif terhadap ekonomi.

Pengusaha di sektor Pariwisata dari Bali, Lentono ketika mengunjungi Rupat Utara, Minggu (10/11) sangat tertarik dengan potensi investasi di Rupat utara. Menurutnya di kawasan tersebut memiliki pantai yang bagus dan satu-satunya pantai yang memiliki pasir putih di Provinsi Riau.

“Dukungan amenitas dan aksesibilitas disini harus bisa ditingkatkan lagi, supaya pengujung yang datang semakin ramai. Apalagi posisi pantai disini sangat dekat dengan negara Malaysia, jaraknya sekitar 1 Jam. Potensinya sangat luar biasa untuk dikembangkan,” kata Lentono.

Kunjungan Lentono ke Rupat utara tidak sendiri, Ia datang bersama dua investor lainya dari Pulau Batam dan Kota Pekanbaru, didampingi perwakilan Pemprov Riau, yakni Dinas Pariwisata dan Dinas Pelayanan Modal Satu Pintu serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Dikatakannya, Pulau Beting Aceh di Rupat utara sangat memiliki potensi untuk dibuat berbagai fasilitas penunjang wisata bahari. Seperti penginapan, wahana permainan, tempat makan dan transportasi jet boat dari dari Dumai ke Rupat utara.

“Beting Aceh sangat indah, hamparan pasirnya luas, berwarna putih bersih, pulau ini memiliki potensi investasi yang luar biasa,” ujar Lentono, pria yang telah sukses memiliki bisnis pariwisata di Manado, Lombok dan Bali.

Menurutnya, Pemerintah daerah harus bersenergi bersama pihak swasta untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Rupat. Bila hal itu terwujud dukungan  dari berbagai pihak tentunya akan mengalir ke kawasan yang manjadi obek wisata andalan Riau itu.

“Gubernur Riau, Bapak Syamsuar menurut saya memiliki komitmen serius terhadap sektor pariwisata. Terjalinnya sinergi pemerintah pusat hingga pemerintah Kabupaten/Kota dan pihak swasta menurut saya KEK Pulau Rupat bisa terwujud,” tutur Lentono.

Sementara, mewakili Pemprov Riau, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Riau, Raja Hendra Saputra mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau sangat menyambut baik dengan dengan pihak-pihak yang ingin memajukan sektor pariwisata di Riau. Menurutnya sektor yang kini menjadi primadona itu  tak lepas dari dukungan 5 Pentahelix, yaitu Akademisi,Pemerintah, Swasta, Komunitas dan Media.

”Pemprov Riau sangat menyambut baik dengan hadirnya investor yang berniat melakukan investasi pariwisata di Pulau Rupat. Untuk itu pemprov Riau bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis turut mendampingi dan memberikan kemudahan ketika investor datang,” ungkap Raja Hendra.

Hendra berharap, peluang investasi ini dapat segera terwujud agar objek wisata di Rupat utara semakin bergeliat dan tentunya dapat meningkatkan ekonomi warga setempat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga : RIAU TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN SEKTOR PARIWISATA DENGAN JATIM


Lihat Video Pariwisata Riau lainnya.

Sumber : Youtube Channel : Pariwisata Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#ayokeriau

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia