close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU SIAPKAN RUANG PENANGANAN KHUSUS VIRUS CORONA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5199
Kamis, 01 Jan 1970

Sekretaris Daerah Provinsi  Riau Bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau didampingi Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau meninjau Ruang Penanganan Khusus Virus Corona di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan merebaknya wabah Virus Corona yang berasal dari negara Cina. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Virus Corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Virus ini dapat menyebabkan common cold atau pilek dan penyakit serius lainnya seperti MERS dan SARS. Adapun gejala – gejala yang ditimbulkan oleh virus ini seperti : demam, batuk, infeksi saluran pernafasan yakni sesak nafas dan susah untuk bernafas. Dalam kasus yang lebih parah, virus ini bahkan dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut, gagal ginjal bahkan kematian. 

Menanggapi hal demikian, Saat ini di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah menyiapkan sebuah ruangan penanganan khusus Virus Corona yang dapat digunakan apabila nantinya ada pasien terindikasi Virus Corona datang berobat ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Ruangan khusus inipun telah di tinjau oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs. Yan Prana Jaya Indra Rasyhid, M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM beserta jajarannya didampingi oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS pada Hari Senin tanggal 27 Januari 2020. Dalam peninjauan ini Sekda Provinsi Riau menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau sangat khawatir atas dampak yang dapat disebabkan oleh virus ini. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukan pencegahan, mengantisipasi, dan penanggulanan yang terbaik agar masyarakat di Provinsi Riau terhindar dari Virus Corona. Sekda juga mengapresiasi kesiapan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang telah menyiapkan Ruangan Penanganan Khusus Virus Corona.   

Pada kesempatan ini Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau juga menyampaikan bahwa Ruangan Penanganan Khusus yang telah disiapkan untuk penanganan Virus Corona di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau terdiri dari Ruang Isolasi yang didukung dengan peralatan lengkap. Selain itu, Direktur juga  telah membentuk tim Dokter SIAGA Penyakit Infeksi Emerging yang dipimpin oleh salah satu dokter spesialis paru  RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang ahli dan kompeten di bidangnya yaitu dr. Indra Yovie, Sp.P(K). Lebih lanjut Direktur menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar dapat terhindar Virus Corona. Cuci lah tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih setelah mengolah makanan dari daging dan terapkan etika batuk ketika batuk dan bersin.