close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

MELALUI METODE OPERASI TERBUKA, RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU BERHASIL ATASI PENYAKIT PEMBENGKAKAN PELEBARAN PEMBULUH DARAH AORTA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5210
Rabu, 04 Mar 2020

Dokter Spesialis Bedah Vaskuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau
dr. Ramzi Asrial, Sp.B(K)V

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau  baru – baru ini telah berhasil melaksanakan metode operasi terbuka (Open Repair) pada pasien penderita penyakit Aneurisma Aorta Abdominalis (AAA). Penyakit AAA adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan melemahnya dinding pembuluh Aorta ( yaitu pembuluh darah utama dan terbesar di tubuh manusia yang berfungsi mengalirkan darah dan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh) yang berada disekitaran perut. Dengan melemahnya dinding ini menyebabkan pembuluh darah Aorta tidak dapat menahan tekanan darah didalamnya sehingga terjadi pembengkakkan. Hal ini dapat menimbulkan gejala – gejala seperti nyeri dari dalam perut atau bagian samping perut, nyeri punggung dan sensasi berdenyut di sekitar pusar. Bila tidak segera dilakukan tindakan medis maka akan dapat menyebabkan pendarahan yang dapat mengakibatkan kematian kepada si penderita.

Image title

dr. Ramzi Asrial, Sp.B(K)V melakukan Operasi Terbuka
pada pasien penderita Aneurisma Aorta Abdominalis.

Adapun tindakan medis yang dapat dilakukan bagi penderita penyakit AAA salah satunya dengan Operasi Terbuka seperti yang dilakukan tim dokter RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang dipimpin oleh salah satu dokter spesialis bedah vaskuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu dr. Ramzi Asrial, Sp.B(K)V. Operasi yang berjalan lebih kurang 6 jam alhamdulillah dapat berjalan dengan baik dan berhasil.