close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Gelar Live Talkshow Tentang " Pemilihan Radiograf Untuk Pemeriksaan Gigi Dan Mulut "

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5303
Rabu, 09 Sep 2020

Halo Cik Puan

Tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali hadir untuk memberikan edukasi dan pengetahuan seputar dunia kesehatan melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 fm dalam program Jendela Informasi Kita (Senin, 7 September 2020 pukul 10.00 WIB).

Kali ini menghadirkan dokter spesialis Radiologi Kesehatan Gigi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau drg. Fitri Angraini Nasution, Sp.RKG dan merupakan satu – satunya yang ada di Provinsi Riau dengan tema " Pemilihan Teknik Radiograf yang tepat pada pemeriksaan Gigi dan Mulut ”.

Image title

drg. Fitri Angraini Nasution, Sp.RKG 

Dalam program bertajuk Live Talkshow ini, drg. Fitri menjelaskan bahwa Radiograf sangat penting untuk mendukung pemeriksaan gigi dimana kondisi dan bentuk anatomi gigi dan mulut dapat diamati dengan baik sehingga akan membantu dokter gigi dalam menentukan tindakan yang tepat.

Di RSUD Arifin Provinsi Riau Teknik Radiograf dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Intraoral (Teknik radiograf untuk memeriksa gigi dengan cara memasukkan filmnya kedalam mulut pasien) dan Extraoral (Teknik Radiograf untuk memeriksa gigi dan rahang secara keseluruhan menggunakan film yang berada di luar mulut yang biasa disebut dengan pemeriksaan Panoramik).



Image title

drg. Fitri Angraini Nasution, Sp.RKG memberikan penjelasan tentang Radiograf dalam pemeriksaan gigi dan mulut

Namun dikarenakan teknik radiograf menggunakan radiasi, maka pemeriksaan radiograf ini tidak dianjurkan untuk ibu – ibu hamil kecuali dalam keadaan darurat.

Sebelum melakukan pemeriksaan radiograf, seluruh yang terlibat baik itu pasien, dokter, hingga radiographer diwajibkan untuk memakai APD seperti apron dan sarung tangan yang dilapisi dengan timbal agar aman dari bahaya radiasi.

Salam MedikAA