close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BENTUK KELUARGA TANGGUH, DINAS P3AP2KB PROVINSI RIAU TINGKATKAN KAPASITAS SDM KETAHANAN KELUARGA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5338
Selasa, 24 Nov 2020

PEKANBARU – Sebagai unit terkecil dalam sistem sosial, keluarga memiliki peran penting dan strategis untuk mendukung upaya pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2019 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi Riau sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi urusan peningkatan ketahanan keluarga menyadari pentingnya pembangunan keluarga melalui penciptaan SDM yang terlatih dan memiliki kompetensi.

“Keluarga juga menjadi pertahanan utama yang dapat menangkal berbagai pengaruh negatif dari dinamika sosial yang ada, dimana keluarga dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi berpotensi lebih besar untuk dapat memiliki ketahanan keluarga yang tangguh”, ungkap Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Dra Tengku Hidayati Effiza MM saat membaca sambutan pembukaan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Ketahanan Keluarga Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Rabu (18 November 2020) di Hotel Dafam Pekanbaru.

Menurut Kadis P3AP2KB, Keluarga dikatakan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi apabila mampu memenuhi aspek ketahanan fisik, sosial dan psikologis yang dapat diukur melalui indikator legalitas kependudukan, kemitraan gender, komunikasi dan harmonisasi yang baik antara suami dengan isteri, tercukupinya kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan dan gizi bagi seluruh anggota keluarga. “Dengan ketahanan keluarga diharapkan program Three Ends yang dicanangkan Kementeriaan PPPA RI mampu terwujud”, harapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini menghadirkan narasumber dari Kementerian PPPA RI, BKKBN RI dan Alfadhal Learning Center, serta diikuti 25 orang peserta dari unsur Bappedalitbang Provinsi, Tim Penggerak PKK Provinsi, serta Dinas P3AP2KB dan KSPK Kabupaten/Kota.


Image title

Image title



Sumber : Bidang Keluarga Sejahtera, Data dan Informasi (KSDI)

Penulis : Rizky Kurniawan

Editor : Nofrelta, SE., M.Kes