close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Audiensi BRGM RI Dengan Pemprov Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5426
Selasa, 27 Apr 2021

Pekanbaru - Jum'at 23 April 2021, bertempat di Hotel Premiere Pekanbaru dilaksanakan Audiensi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI) bersama Gubernur Riau, Bupati Bengkalis, Bupati Siak, Para Deputi BRGM,  dan Kadis LHK Prov. Riau.

Dalam Audiensi tersebut Kepala BRGM memaparkan rencana Restorasi Gambut tahun 2021 s.d 2024 di Indonesia seluas 1,2 juta hektar dan Rehabilitasi Mangrove seluas 600 ribu hektar. Kegiatan Restorasi Gambut tersebut di Provinsi Riau meliputi seluas 611.461 Ha sedang kan Rehabilitasi Mangrove seluas 155.540 Ha.  

Khusus Rehabilitasi Mangrove di Indonesia target pada tahun 2021 ini akan dilaksanakan seluas 83.000 Ha dan seluas 15.000 Ha berada di Provinsi Riau. Dengan target sebesar itu Kepala BRGM RI meminta dukungan dari Gubernur Riau, seluruh kepala Daerah kabupaten sasaran kegiatan serta stake holder terkait lainnya untuk mensukseskan program dan target BRGM tersebut.

Disampaikan pula oleh Deputi BRGM bahwa seluruh pelaksanaan kegiatan melalui kelompok masyarakat, dengan skema ini seluruh biaya langsung ditransfer ke rekening masyarakat. Tentunya dengan skema tersebut akan berimplikasi kepada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam audiensi tersebut, Gubernur Riau mengharapkan kepada BRGM RI agar mendapatkan solusi permanen terhadap masalah penanganan kebakaran hutan di lahan gambut Provinsi Riau.

Setelah Audiensi, acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Restorasi Gambut dan Mangrove dengan Nara Sumber seluruh Deputi BRGM RI dan Kadis LHK yang dihadiri oleh Unsur jajaran BRGM RI, UPT Kementerian LHK RI, OPD Pemprov Riau, Pemkab Bengkalis, Meranti, Rokan Hilir, Siak , Kota Dumai, Ketua Asosiasi Dunia Usaha, Pimpinan Perguruan Tinggi, LSM, Insan Media dan Fasilitator/Pendamping Desa Mandiri Peduli Gambut.