close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

[Medik Quote] Ayo Kita Kenali Penyakit Thalasemia Dan Pencegahannya..

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5456
Senin, 14 Jun 2021

Halo Cik Puan,,

Medik Quote RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kali ini akan memberikan penjelasan tentang penyakit Thalasemia Mayor dan Thalasemia Minor bersama dokter spesialis anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Dr. dr. Elmi Ridar, Sp.A

Thalasemia mayor adalah penyakit genetik (kelainan bawaan) pada anak dimana hemoglobin tidak dapat terbentuk sempurna dan menyebabkan sel darah merah gampang rusak sebelum waktunya.

Gejalanya berupa semakin hari semakin pucat, gagal tumbuh, Lesu tidak bersemangat, memiliki wajah khas thalasemia dan perut membesar.

Karena sel darah merah terus menerus rusak maka anak thalasemia mayor harus melakukan tambah darah secara reguler tiap bulan seumur hidupnya. Jika tidak maka tidak akan berumur panjang.

Lahirnya anak Thalasemia disebabkan oleh kedua orangtuanya tidak tahu bahwa mereka adalah carrier (thalasemia minor). Untuk itu setelah mereka melahirkan anak Thalasemia maka tidak diperbolehkan untuk mempunyai anak lagi.

Demi mencegah lahirnya generasi anak Thalasemia, dr. Elmi menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan diri sejak dini (remaja). Jika terbukti mengidap thalasemia minor, maka nanti carilah pasangan yang bukan pengidap thalasemia minor. Karena penanganan pada anak Thalasemia mayor membutuhkan biaya yang besar.

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasperangipandemi