close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Apa Itu Pelayanan Rehabilitasi Medik Terintegrasi ?

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5459
Jum'at, 18 Jun 2021

dr. Ch Hermes H Sitompul, Sp. KFR menjelaskan tentang pelayanan Rehabilitasi Medik Terintegrasi kepada pendengar RRI

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui Program Jendela Informasi Kita di RRI Pro 1 99,1 fm. Topik kali ini adalah membahas seputar pelayanan Rehabilitasi Medik Terintegrasi yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau bersama dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Ch Hermes H Sitompul, Sp. KFR yang akrab disapa dr. Tompul.

Dalam penjelasannya dr. Tompul menyampaikan setiap penyakit memiliki resiko untuk terjadinya gangguan fungsi. Oleh karena itu agar gangguan fungsi tersebut dapat diatasi membutuhkan pelayanan Rehabilitasi yang disesuaikan dengan jenis penyakit dan kondisi pasiennya sehingga disebut pelayanan Rehabilitasi Medik Terintegrasi.

Tujuan dari Pelayanan Rehabilitasi Medik Terintegrasi ini adalah membangun semangat untuk sehat kepada pasiennya dengan menjalankan berbagai terapi sehingga proses penyembuhan semakin cepat dan membuat pasien tersebut dapat kembali produktif dalam kehidupannya. Terapi tersebut meliputi : Terapi Fisik, Terapi Okupasi, Terapi Psikologi, Terapi Bicara, Terapi Ortotik dan Prostetik.

Kepada masyarakat, dr. Tompul berpesan untuk selalu berperilaku hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan selalu olahraga untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi. Apabila salah satu anggota tubuh mengalami gangguan fungsi maka usahakan anggota tubuh lainnya tidak berhenti beraktivitas. Karena untuk memulihkannya kembali ke sediakala membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

Salam MedikAA

#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi