close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sempena Hari Kartini 2022, Gubernur Beri Penghargaan Untuk Dua Belas Perempuan Tangguh Di Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5864
Sabtu, 23 Apr 2022

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Gubernur Riau, H Syamsuar memberikan penghargaan dan apresiasi kepada dua belas perempuan Riau yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam berbagai bidang pembangunan.

Pemberian penghargaan tersebut menjadi bagian dari Peringatan Hari Kartini ke-144 Tingkat Provinsi Riau, yang dilaksanakan Kamis (21/4/2022) terpusat di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, dan dihadiri perwakilan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, Bupati dan Walikota beserta isteri, serta Direktur Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Drs. Makmur Marbun M.Si

Gubernur mengatakan, peringatan hari Kartini menjadi momentum bersama membangun sinergi dan memperkuat komitmen untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender. Peningkatan peran penting perempuan dalam pembangunan daerah harus semakin signifikan sebab masih banyak tantangan yang saat ini harus dihadapi dan sama-sama diselesaikan, diantaranya terkait isu kesetaraan gender dan kekerasan serta diskriminasi yang telah menjadi perhatian serius pemerintah.

“Hal itu mendorong Pemerintah bersama DPR RI mengesahkan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual belum lama ini”, ujar Gubernur Riau dalam sambutannya.

Sejalan dengan hal tersebut Gubernur Riau mengajak kaum perempuan, khususnya remaja untuk secara aktif turut serta dalam setiap proses pembangunan nasional, serta senantiasa mengembangkan dirinya dengan ilmu bermanfaat karena di era digitalisasi seperti saat ini informasi berkembang sangat pesat tanpa batas ruang dan waktu.

“Kelimpahan sumber daya yang dimiliki Riau saat ini harus mampu dikelola, dimanfaatkan dan dikembangkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat Riau itu sendiri, tidak terkecuali kaum perempuan”, harap H Syamsuar.

Para Kartini masa kini yang berasal dari masing-masing Kabupaten dan Kota ini merupakan dua belas dari lima ratus empat belas perempuan yang terpilih sebagai perempuan inspiratif di Indonesia versi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE)  bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi selain mendapatkan reward dari pusat berupa piala, piagam dan uang pembinaan sebesar tiga juta rupiah, kedua belas perempuan hebat Riau ini nantinya juga akan mendapat apresiasi khusus dari Pemerintah Provinsi Riau berupa Piagam penghargaan Gubernur dan uang pembinaan sebesar dua juta rupiah dari Bank Riau Kepri”, ungkap Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Hj Fariza dalam laporannya.

Adapun kedua belas perempuan tangguh Riau yang menerima penghargaan tersebut adalah :

  • 3 (tiga) orang di Bidang Pendidikan yaitu Ibu Desi Nopinda, S.Pd dari Kabupaten Kampar, Ibu Cici Panjaitan dari Kabupaten Rokan Hulu, serta Ibu Asnawati, SE dari Kota Pekanbaru.

  • 2 (dua) orang di Bidang Sosial Budaya yaitu Ibu Asnah dari Kabupaten Indragiri Hilir dan Ibu Chairani dari Kabupaten Siak.

  • 2 (dua) orang di Bidang Pertanian yaitu Ibu Salamah dari Kabupaten Pelalawan, dan Ibu Praptini dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

  • 3 (tiga) orang di Bidang Kesehatan yaitu Ibu Eva, A.Md dari Kabupaten Indragiri Hulu, Ibu Safridah, A.Md.Keb dari Kabupaten Rokan Hilir, dan Ibu Ana Siregar dari Kota Dumai.

  • 2 (dua) orang di Bidang Lingkungan Hidup yaitu Ibu Mariyana dari Kabupaten Indragiri Hilir, dan Ibu Sugiyanti dari Kabupaten Kuantan Singingi.

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber : PPID Dinas P3AP2KB Provinsi Riau