close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Berhasil Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5869
Jum'at, 29 Apr 2022

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam (Rabu, 27/04/2022).

Operasi ini dilakukan oleh dokter bedah anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Dr.dr.Tubagus Odih, Sp BA(K),MKM,FISQua bersama dengan dokter spesialis anestesinya dr. Nopian Hidayat, Sp.An. KAO beserta tim bedah sentral RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Image titleImage title

dr. Odih menyampaikan operasi ini merupakan operasi pemisahan bayi kembar siam pertama yang dilakukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dan alhamdulillah berjalan lancar. Diagnosa nya berupa Conjoined Twins type Heteropagus Epigenatus yaitu : Bayi kembar siam yang salah satunya tidak berbentuk bayi hidup melainkan parasit ( masih berbentuk bayi yang tidak sempurna dan masih menempel pada bayi hidupnya).

 

Saat ini kondisi bayi telah stabil dan akan terus dipantau oleh tim dokter Anak khusus bayi bersama tim neonatus. Apabila sewaktu – waktu dibutuhkan tindakan maka kita akan siap memberikan yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan si bayi.

Image title

Kepada masyarakat khususnya para ibu hamil, dr. Odih menghimbau untuk selalu kontrol secara rutin pada masa kehamilan agar apabila terdeteksi bayi kembar siam dini maka persiapan yang akan dilakukanpun akan semakin baik.

Image title


Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi