close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kegawatdaruratan Pada Bayi, Bagaimana Ciri - Ciri Nya ?

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6014
Senin, 15 Agu 2022

Halo Cik Puan,

Memiliki anak yang masih bayi tentunya memerlukan perhatian khusus dari kita sebagai orang tua agar kondisi kesehatannya dapat terpantau dengan baik. Jangan sampai ketika anak telah menunjukkan gejala kegawatdaruratan kita terlambat mengetahuinya dan terlambat membawanya ke rumah sakit.

Dokter Spesialis Anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Zulfikri, Sp.A menyampaikan beberapa tanda kegawat daruratan pada bayi harus diwaspadai dan harus segera dibawa ke rumah sakit yaitu : Bayi yang tiba – tiba tidak mau menyusu atau isapannya mulai melemah, kejang pada bayi (matanya berkedip banyak, gerakan tangan tidak  terkontrol, kaki bayi seperti mengayuh), sesak nafas yang disertai tarikan dada dan merintih, peningkatan suhu tubuh seperti demam ( > 37,5 c) atau kedinginan (< 36,5), kemerahan pada tali pusat, bayi kuning, diare, dll.

Kepada masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki bayi, dr. Zulfikri, Sp.A berpesan agar selalu aware (memperhatikan sekali) terhadap kehidupan anak kita sehari – hari agar ketika terjadi perubahan kondisi sedikit saja kita dapat segera mengetahuinya dan dapat langsung membawanya kerumah sakit terdekat jika terjadi kegawatdaruratan. Jagalah asupan cairannya dan pantau perubahan berat badannya agar bayi kita senantiasa  terjaga dan tumbuh berkembang dengan baik.

Salam MedikAA