close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Menparekraf Sandiga Uno Pulang Kampung Ke Riau, Ini Agendanya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6060
Senin, 19 Sep 2022

PEKANBARU  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Riau.  Sandiaga akan menghadiri Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Pameran AKI digelar di Mal Ciputra Seraya, Jalan Riau,Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.  Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 16–18 September 2022.

Menparekraf Sandiga Uno Pulang Kampung ke Riau, Ini Agendanya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Salahuddin Uno di Pekanbaru, Minggu (18/9/2022).  (foto: Habib/MC Riau).

Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 dilaksanakan di 16 kota/kabupaten di Indonesia, satu di antaranya di Kota Pekanbaru.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif. 

Menparekraf Sandiaga hadir menjadi narasumber di acara Bicara Apresiasi Bersama Super Mentor AKI. Ia mengaku merasa bangga karena bisa kembali ke tanah kelahirannya. 

"Saya super bangga bisa kembali lagi ke tanah kelahiran saya. Dan saya melihat banyak kali perkembangan yang ada di kota Pekanbaru," kata Sandiaga. 

Dikatakan dia, pameran Apresiasi Kreasi Indonesia itu mendukung program gerakan nasional bangga buatan indonesia. 

"Ini tentu dalam mendukung 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas tahun ini. Sehingga tahun 2024 diharapkan akan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru," jelasnya. 

Ia menargetkan ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir tahun 2023 dan on boarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go Nasional tapi juga Go Internasional.   

"Pak Presiden mengingatkan kita bahwa jika kita ingin sukses harus digitalisasi ekonomi yang melahirkan dua dekacorn. Di waktu yang sesingkat berberapa tahun ke depan, mudah-mudahan bisa menyusul sembilan unicorn. Lalu, 19 juta sampai 21 juta UMKM ini telah masuk ke ekosistem digital. Kuncinya harus 3 G, Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), Gaspol (Garap semua potensi online)," ucapanya. 

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas (Bootcamp). Pameran produk kreatif para pelaku ekonomi kreatif ini melibatkan subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, dan film. 

Kegiatan Pameran Produk Kreatif Apresiasi Kreasi Indonesia di Pekanbaru diikuti oleh 27 peserta pelaku ekonomi kreatif yang telah terkurasi dan disediakan 20 stan pameran.   

Acara  tersebut juga menggelar Pertunjukan Musik Spesial (Fabio Asher).  Lalu, Pembagian Sertifikat Finalis AKI Pekanbaru dan acara Penutupan Pameran AKI. 

(Mediacenter Riau/bib)