close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tiba Di Tanah Kelahiran, Sandiaga Uno Merasa Terharu

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6061
Senin, 19 Sep 2022

PEKANBARU  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Pekanbaru, Riau, pada Minggu (18/9/2022). Kedatangan Sandiaga dalam rangka menghadiri acara Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Pameran AKI 2022 digelar di Mal Ciputra Seraya, Jalan Riau, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 16–18 September 2022.

Tiba di Tanah Kelahiran, Sandiaga Uno Merasa Terharu

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Pekanbaru, Riau (Foto Habib/MC Riau).

"Saya kagum sekali, karena kali ini kelahiran saya kita menutup rangkaian Road Show Apresiasi Kreasi Indonesia. Sebanyak 16 kota selama tahun ini kami kunjungi untuk mengaktivasi dan mengapresiasi produk-produk ekonomi kreatif lokal," kata Sandiaga. 

Disampaikan Sandiaga, AKI 2022 telah dilaksanakan di 15 kota sebelumnya.  Yaitu di Tasik, Cirebon, Yogyakarta, Tegal, Banjarmasin, Padang, Tangerang.  Lalu kota Cilegon, Pontianak, Banda, Aceh, Jember, Kendari, Sidoarjo, Jambi dan Ambon.

"Di Pekanbaru kami melihat puncaknya antusiasme masyarakat. Produk-produk yang sudah terkurasi akan segera kita bawa ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Sandiaga. 

Dikatakan dia, kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas, dan sesuai dengan Arahan dari bapak presiden Jokowi. 

"Sebanyak 30 juta UMKM ditargetkan masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital melalui Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," ungkapnya. 

Beberapa waktu lalu, kata Sandiaga, gaun telah menyelenggarakan program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif.  Di mana Kota Pekanbaru juga ikut dalam menjadi kota dengan subsektor ekonomi kreatif unggulan. 

"Hari ini kita etalasekan produk-produk ekonomi kreatif itu," katanya pula. 

Ia menantang ekonomi kreatif saat ini baru melewati masa pandemi.  Oleh karena itu, perlu didukung dengan bantuan pelatihan, bantuan pemasaran, dan juga permodalan.

"Ini sudah kami lakukan, harapannya teman-teman bisa melewati masa sulit ini. Teman-teman harus bisa menyikapi karena ekonominya masih bisa tumbuh karena kekuatan UMKM," jelasnya. 

Mari kita pastikan mereka bisa mendapatkan fasilitas dari pemerintah dapat bantuan. Sehingga tercipta lapangan kerja terbuka peluang usaha dan peningkatan masyarakat ini bisa kita pastikan, katanya.

(Mediacenter Riau/bib)