close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Mengenal Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6071
Jum'at, 30 Sep 2022

Halo Cik Puan,

Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang sering dijumpai masyarakat. Ketika terkena penyakit maka aktivitas dapat terganggu dan perlu dilakukan penanganan medis yang tepat.

Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh darah RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Heri Diansyah Putra, Sp.JP menyampaikan penyakit jantung memiliki 2 jenis faktor resiko yaitu bawaan dan yang bisa diubah. Untuk faktor resiko bawaan seperti umur dan genetik (keturunan) dan faktor yang bisa diubah yaitu gaya hidup seperti mengkomsumsi makanan tidak sehat dan merokok. Penyakit jantung memiliki gejala seperti nyeri dada sebelah kiri ketika beraktivitas, sering berkeringat dingin, sesak nafas, sering capek, hingga pembengkakkan pada kaki. Untuk penanganannya dapat  diberikan  obat – obatan dan terapi.

Untuk pelayanan jantung di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau saat ini telah didukung dengan peralatan canggih dan SDM yang mumpuni. Mulai dari pelayanan Echocardiography, Cathlab, hingga pelayanan bedah jantung dapat dilakukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Kepada masyarakat dr. Heri berpesan daripada menghabiskan waktu dan biaya untuk berobat lebih baik mencegah dengan melakukan hal yang sederhana seperti tidak merokok, mengurangi komsumsi garam dan makanan tinggi kolestrol serta rutin berolahraga agar jantung tetap sehat. Selain itu hal ini juga bisa mensehatkan tubuh dan membuat kualitas hidup kedepan dapat meningkat.

Salam MedikAA