close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinas LHK Provinsi Riau Menyerahkan Sertifikat Proklim Tahun 2022

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6107
Rabu, 16 Nov 2022

Pekanbaru – Rabu (16/11/2022), bertempat di Aula Dinas LHK Provinsi Riau Lt.II, Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murod berkesempatan menyerahkan Sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2022 kepada Dusun/Kampung yang telah melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pada tingkat tapak.

Proklim merupakan bentuk peran serta keterlibatan Masyarakat dalam melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca pada wilayah setingkat RW/Dusun/Kampung.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten /Kota se Provinsi Riau selaku Pembina Proklim, kemudian Pimpinan perusahaan pendukung Proklim Riau serta Perwakilan Dusun/Kampung penerima Sertifikat Proklim se-Provinsi Riau.

Kadis LHK Provinsi Riau dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian LHK terhadap pelaksanaan verifikasi lokasi Kampung Iklim di Provinsi Riau selama Tahun 2022 ini, selanjutnya Kadis LHK menyampaikan bahwa di Provinsi Riau terdapat 2 (dua) Dusun yang mendapat trofi kategori Proklim Utama yang diserahkan oleh Menteri LHK di Jakarta beberapa waktu lalu yaitu Dusun Sumber Makmur Desa Suka Makmur, Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar dan Kampung Teluk Lancang Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak.

Kadis LHK menyerahkan sertifikat Proklim Utama sebanyak 18 lokasi, Proklim Madya sebanyak 33 lokasi, Proklim Pratama sebanyak 10 lokasi.

”Berdasarkan data KLHK, Proklim di Provinsi Riau menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Dimulai dari tahun 2012, sampai saat ini jumlah usulan Proklim di Riau sebanyak 282 Kampung Iklim yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Riau. Target Kampung Iklim untuk Provinsi Riau sebanyak 400 lokasi sampai dengan tahun 2024”, sambung Kadis.

“Selain menyerahkan sertifikat proklim kepada 61 lokasi kampung iklim, Dinas LHK Provinsi Riau juga memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dan Dunia Usaha yang telah berpartisipasi atas keberhasilan proklim di Provinsi Riau”, tutur Kadis.

Nama-nama dunia usaha pendukung Proklim Riau tahun 2022: PT. Kimia Tirta Utama, PT. Salim Ivomas Pratama, PT. PT. RAPP, PT. Arara Abadi, PT. Kilang Pertamina International RU II Sungai Pakning, PT. Kilang Pertamina International RU Dumai, PT. Pertamina Hulu Rokan, PT. Perkebunan Nusantara V.

”Saya berharap ke depannya program kampung iklim ini akan terus bertambah dan berkembang serta lebih inovatif dibawah binaan Dinas LHK Provinsi Riau dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota serta dukungan pelaku usaha, Akademisi maupun Organisasi Non Pemerintah sehingga dapat mencapai target jumlah kampung iklim sebanyak 400 lokasi di tahun 2024 sehingga mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca sesuai NDC”, tutup Kadis dalam sambutannya. (MCR/DLHK)


Image title

Image title

Image title


Image title

Image title