close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DKP Provinsi Riau Gelar Acara Makan Ikan Dalam Rangka Hari Ikan Nasional Ke-9 Tahun 2022

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6108
Senin, 21 Nov 2022

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau mmeperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 November. Hadir dalam acara ini Ibu Wakil Gubernur Riau selaku Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Riau, Ketua Dharmawanita Persatuan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Riau dan Perwakilan dari Masing-masing OPD, Senin(21/11/2022).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau mengatakan bahwa sesuai Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ditetapkan setiap tanggal 21 November. Pada tahun ini puncak acaranya dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan memaparkan pentingnya makan ikan untuk tubuh kita. Banyaknya sumber gizi dan protein dalam kandungan ikan tersebut. DKP Riau secara berkelanjutan memberikan penyadaran terhadap masyarakat dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Pada tahun 2021 angka Konsumsi Ikan Provinsi Riau yaitu 44,28 kg/kapita/tahun. Sedangkan secara nasional angka konsumsi ikan yaitu 58,08 kg/kapita/tahun. Terjadi penurunan angka konsumsi ikan disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat sesuai hasil survey BPS Provinsi Riau. Pada tahun ini tema Hari Ikan Nasional yaitu Ikan Sehat, Bangsa Kuat.

Selanjutnya dari pagelaran lomba masak ikan nasional diperoleh informasi bahwa Provinsi Riau berhasil menjadi juara III Untuk menu Keluarga, Juara Harapan II Untuk Menu Balita dan Juara Harapan II untuk menu Kudapan. Kedapan diharapkan angka konsumi ikan Provinsi Riau ada peningkatan.