close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Riau Expo 2022 Stand DLHK Berinovasi Menciptakan Ekonomi Sirkular Dan Mendukung Ekonomi Hijau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6112
Sabtu, 26 Nov 2022

Riau Expo yang baru saja resmi dibuka Gubernur Riau H Syamsuar diikuti sebanyak 170 stand dari berbagai daerah dan UMKM. Diselenggarakan dari tanggal 22 November dan akan ditutup pada Sabtu 26 November 2022.

Dalam kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau mengambil tempat di Hall B21-22 Kompleks Purna MTQ kota Pekanbaru pada kegiatan Riau Expo 2022, untuk mendukung investasi, DLHK RIAU memberikan Bimbingan penapisan dan arahan Dokumen Lingkungan Hidup bagi pelaku usaha pada tgl 23-26 Nov 2022, sehingga investasi di Riau menciptakan ekonomi hijau.

Beberapa kegiatan lainnya  berupa:

1.Pengelolaan Sampah Organik Untuk Eco Enzyme dan Budidaya Maggot/BSF (23 Nov 2022) 

2. Inovasi Pengelolaan Sampah Anorganik (Bank Sampah, Ecobrick, dll) /(24Nov 2022) 

3. Pengenalan Program Kampung Iklim dan Taman Kehati (25 Nov 2022) 

4. Pojok Konsultasi Pengembangan Usaha Kelompok Tani Hutan, Panduan Menjadi Sekolah Adiwiyata, Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (26 Nov 2022) 

Kadis LHK Riau Mamun Murod melalui Ketua Panitia Stand DLHK Riau, Dwiyana menjelaskan pada Riau Expo 2022 kali ini Stand DLHK Riau memiliki beberapa agenda yang bermanfaat untuk pelaku usaha/kegiatan  juga bagi masyarakat luas untuk berperan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Diantaranya panitia memperkenalkan inovasi pengelolaan sampah organik untuk eco enzyme, bank sampah serta budi daya maggot BSF dan lain sebagainya. 

Dalam Pengelolaan Sampah Organik, ada Eco Enzyme dan Budidaya Maggot/BSF (Black Soldier Fly), Dwi Yana menjelaskan bahwa budidaya maggot berasal dari larva lalat Black Soldier Fly (BSF) yang dalam proses siklus pertumbuhan membutuhkan sampah organik sebagai bahan makanan dan maggot mempunyai keunggulan dalam mengatasi sampah organik, mengurangi emisi gas rumah kaca dari sisa makanan atau sampah organik rumah tangga. 

Tentunya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau berinovasi dalam memanfatkan sampah rumah tangga menjadi nilai ekonomis dengan konsep ramah lingkungan. Sehingga menciptakan ekonomi sirkular. 

Dwiyana menambahkan "DLHK Riau juga memperkenalkan program kampung iklim dan taman kehati juga menyedia pojok konsultasi pengembangan usaha kelompok tani hutan yang mulai tumbuh subur di setiap unit Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)".

selanjutnya DLHK Riau akan menyerahkan penghargaan sekolah Adiwiyata kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan predikat Adiwiyata," ungkap Dwi Yana.Pada kesempatan ini DLHK Riau juga bagi-bagi bibit pohon secara gratis. Nah.. jangan lewatkan kesempatan ini. Kunjungi stand DLHK Riau, panitia dengan senyum ramah siap melayani anda. (MCR/DLHK)