close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tingkatkan Wawasan Tentang TB, Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Gelar Penyuluhan Kepada Pengunjung.

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6249
Jum'at, 17 Mar 2023

Halo Cik Puan,

Masih bersempena peringatan Hari TuBerkolosis (TB)  Sedunia, unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit TB kepada pengunjung di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan narasumber dokter PPDS Paru RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Muhammad Khairani (Selasa, 14/03/23).

   

dr. Muhammad Khairani menjelaskan kepada pengunjung yang bertanya tentang penyakit TB

Dalam paparannya dr Muhammad menyampaikan TB merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobakterium Tuberkolosis. Kuman ini menginfeksi paru – paru dan organ lainnya melalui saluran pernafasan. Bagi anak – anak, orang dengan HIV/AIDS, penderita diabetes, dan perokok sangat rentan terkena TB. Gejalanya seperti : batuk terus menerus, sesak nafas dan nyeri dada, turun berat badan, dan berkeringat malam walaupun tidak berkegiatan.

Foto bersama Unit PKRS dan Narasumber

Kepada masyarakat dr. Muhammad menghimbau mendukung TOSS TB (Temukan dan Obati Sampai Sembuh TuBerkolosis) untuk memberantas penularan TB ke masyarakat. Segera ke pelayanan kesehatan terdekat jika bergejala. Jangan takut karena TB bisa disembuhkan dan obat – obatannya tersedia gratis di puskesmas dan RSUD. Untuk menghindari TB mari terapkan pola hidup sehat, gunakan etika batuk ketika bersin dan masker serta buka jendela serta ventilasi udara kuman TB hilang terkena cahaya matahari.

Salam MedikAA