close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mengusung Tema "HIJAUKAN BUMI, BIRUKAN LANGIT", Hari Bakti Rimbawan Ke-40 Dihadiri Oleh Gubri

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6253
Minggu, 19 Mar 2023

Pekanbaru - Minggu (19/03/ 2023), Dalam Rangka Hari Bakti Rimbawan Ke-40 Tahun 2023 bertempat di Hutan Kota Pekanbaru mengusung tema ”HIJAUKAN BUMI, BIRUKAN LANGIT”, diawali dengan gotong royong bersama dilanjutkan acara seremonial. Pembukaan acara oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod, “Pada kesempatan ini, Kami mengajak seluruh Rimbawan Provinsi Riau dan para pihak terkait, termasuk kelompok masyarakat untuk lebih memperhatikan pengelolaan sampah/limbah domestik di sekitar kita. Bapak Presiden RI menekankan isu persampahan saat memberikan arahan pada Seluruh Gubernur, dalam pembukaan Rakernas BPDLH beberapa waktu lalu di Jakarta.”

”Strategi keberhasilannya adalah dengan menjadikan Pola 3R, yaitu Reduce, Reuse dan ReCycle, harus dapat ditanamkan, menjadi kepedulian, peri laku dan kebiasaan setiap kita. Pilah sampah organik dan un-organik, sehingga dapat dilanjutkan dengan Reuse dan Recycle. Kurangi penggunaan kemasan plastik dalam kegiatan sehari-hari. Tanpa tahapan ini, sampah akan terus menjadi PR besar bagi kita bersama. Perlu upaya sosialisasi, edukasi dan fasilitasi serta pendampingan yang intensif, masif dan berkelanjutan. Untuk itu sangat memerlukan komitmen dan kolaborasi seluruh unsur terkait”, tutur Kadis.

Gubernur Riau Syamsuar, ”pada kesempatan dihari Bakti Rimbawan memberikan sambutan dengan tema “HIJAUKAN DAUN, BIRUKAN LANGIT”, tema ini mengandung evaluasi apa yang telah kita kerjakan bersama rimbawan, tema ini juga meneguhkan cara pandang rimbawan dan menggali sekaligus mengulangi memory kita disetiap rimbawan, pentingnya kita memperhatikan hutan alam kita salalu terjaga, untuk tahun ini Gubernur Riau juga mengingatkan, “ada tugas berat bagi rimbawan terjadi musim kemarau kering, saya berharap semua rimbawan dapat membantu pemerintah agar dapat juga memberikan edukasi kepada masyarakat, Bahaya kebakaran hutan dan lahan yg disebabkan oleh musim kemarau yg kering serta memberikan edukasi kepada masyarakat ikut serta dalam memperhatikan lingkungan sekitarnya”.

Pada kesempatan ini juga Gubri menyampaikan hasil pertemuan nasional dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan arahan Presiden Republik Indonesia, “salah satunya masalah sampah agar senantiasa menjadi perhatian kita bersama agar sampah menjadi produktif konsumsi ekonomi bagi kita bersama agar dapat dikelola dengan baik dan menjadikan sumber ekonomi bagi masyarakat serta dapat menjaga lingkungan yang kita cintai ini”, Tutur Gubri.

Dilanjutkan dengan pembagian Bibit Produktif, Tanaman Endemik kepada sekolah-sekolah, Sembako dan Tong Sampah, diakhiri dengan Pelepasan Burung dan Penanaman Pohon disekitar Hutan kota, acara didukung oleh BRI INSURANCE.

Turut hadir diacara Hari Bakti Rimbawan Kepala P3E Sumatera Selaku Koordinator Wilayah UPT KLHK di Provinsi Riau, Seluruh Kepala UPT KLHK dan UPT Lingkup Dinas LHK Provinsi Riau, Kepala Sekolah se-Kota Pekanbaru, Para Pegiat Lingkungan, Pengelola Bank Sampah, Perwakilan Warga, Keluarga Besar Rimbawan Provinsi Riau. (Humas DLHK)

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title