close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Audiensi bersama Mahasiswa Pendidikan Kader Ulama, Begini isi pembahasannya

Senin, 04 Okt 2021 | 127 kali dilihat

PEKANBARU - Dalam rangka mempersiapkan kader-kader ulama di Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar audiensi bersama mahasiswa Pendidikan Kader Ulama, di Rumah Dinas Gubri, pada Senin (04/10/2021).

Gubri mengatakan, dalam upaya mempersiapkan kader ulama di Riau, berawal saat ia melakukan pertemuan bersama Imam Besar Masjid Istiqlal, Profesor Nazaruddin Umar yang juga termasuk pengurus Perguruan Tinggi Al Quran di Jakarta.

Melalui pertemuan tersebut, Nazaruddin Umar menyatakan bahwa barometer ulama di Sumatera itu salah satunya berada di Provinsi Riau. Karena itu perlu kiranya untuk mempersiapkan kader-kader ulama di Riau di masa yang akan datang.

"Untuk itu, kami mempersiapkan kader-kader ulama yang akan di berangkat menempuh pendidikan sebagai seorang ulama. Ini juga merupakan  kepentingan umat di Provinsi Riau kedepannya," katanya.

Untuk diketahui, mahasiswa yang diutus dari perwakilan dari Provinsi Riau yang mengikuti pendidikan kader ulama di Jakarta diantaranya, Muhammad Irsan, Wendi Maulana, Rafiqul Huda dan Muhammad Safuan. 

Ia menuturkan, dengan menyiapkan kader ulama ini, diharapkan bisa menjadi panutan bukan hanya untuk umat di Provinsi Riau. Namun, juga Sumatera hingga tingkat Nasional.

Gubri menerangkan, bahwa yang akan menjadi pengajar di Pendidikan Kader Ulama bukan hanya dari ulama-ulama di Indonesia. Namun, juga dari Sudan, Mesir, dan beberapa ulama dari negara lainnya. Sementara, yang menempuh pendidikan kader ulama ini hanya 26 orang se- Indonesia.

"Pendidikan kader ulama ini setara dengan S2 dimana tercantum dalam Perguruan Tinggi Al Quran," lanjutnya.

Oleh karena itu, Syamsuar mengungkapkan kepada mahasiswa yang terpilih menempuh pendidikan kader ulama ini diharapkan untuk belajar sungguh-sungguh, dan fokus belajar. Hal ini sebagai upaya menyiapkan ulama di Riau pada masa yang akan datang.

"Fokus belajar sungguh-sungguh. Semoga apa yang menjadi impian bagi kita bersama dapat terwujud dan di ridhoi Allah SWT," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Pendidikan Kader Ulama, Muhammad Irsan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas dukungannya dalam program pendidikan kader ulama ini. 

"Harapannya, Provinsi Riau menjadi provinsi yang saling bekerjasama dalam kebaikan. Insyaallah kami akan berangkat besok sore Pak dan Minggu depannya sudah proses pembelajarannya. Semoga apa yang menjadi keinginan Provinsi Riau dapat dikabulkan," tuturnya.

Turut hadir di pertemuan itu, Kepada Biro Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur, Kepala Bagian Bina Mental (Kabag Bintal) Biro Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Sofwan Muhajir, dan Perwakilan Bank Riau Kepri.



(Mediacenter Riau/dw)