close× Telp +62 761 45505
close×

BPIP Tetapkan 135 Paskbraka Riau Sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila

Jum'at, 03 Des 2021 | 245 kali dilihat

PEKANBARU - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia menetapkan 135 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Riau tahun 2021 sebagai Duta Pancasila di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (2/12/2021) petang.

Penetapan Duta Pancasila tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau serta tamu undangan lainnya.

Duta Pancasila yang dikukuhkan hanya perwakilan saja, yang lainnya dari Kabupaten/Kota mengikuti kegiatan melalui online lewat aplikasi Zoom mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi mengatakan bahwa meskipun telah menyelesaikan tugas sebagai Paskibraka namun masih ada tugas yang harus dilakukan yaitu menjaga sangsaka merah putih agar tetap berkibar di seluruh pelosok Indonesia.

"Tugas adik-adik belumlah selesai, ibu pertiwi memanggil, berdirilah dengan gagah dan jagalah sangsaka merah putih agar tetap berkibar di seluruh pelosok Indonesia," katanya.

Disampaikan Yudian Wahyudi, dengan ditetapkannya Paskibraka Riau sebagai Duta Pancasila maka wajib memegang teguh konsensus terhadap pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia 1945, negara kesatuan republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Adik-adik akan menjadi teladan dan harus mengutamakan pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," terangnya.

Ia mengingatkan dalam kehidupan sehari-hari Duta Pancasila harus menanamkan nilai-nilai pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah kesatuan negara republik Indonesia di berbagai bidang.

"Selamat melaksanakan tugas, semoga kita diberi kemudahan dan perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa," tutupnya.

Disisi lain, Gubri Syamsuar saat memberikan arahan juga berharap dengan dikukuhkannya putra/putri Riau sebagai Duta Pancasila dapat belajar dengan sungguh-sungguh supaya menjadi harapan bangsa serta menjadi contoh dan tauladan.

"Harapan kami kepada Purnapaskibraka yang baru dilantik sebagai Duta Pancasila dapat menjadi motivator bagi anak-anak muda lainya," harapnya.

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau, Boby Rachmad menyampaikan bahwa Paskibraka yang dikukuhkan sebagai Duta Pancasila yaitu Paskibraka 2021 sebanyak 135 orang.

"Dari 135 orang yang dikukuhkan tersebut diantaranya Paskibraka tingkat Provinsi Riau sebanyak 37 orang, Paskibraka Kota Dumai 35 orang, Indragiri Hulu (Inhu) 33 orang dan Kuansing 30 orang," jelasnya.

Boby Rachmad berharap dengan dilantiknya Purna Paskibraka 2021 sebagai Duta Pancasila dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk memotivasi yang lain agar menanamkan nilai-nilai pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air. (MC)