close× Telp +62 761 45505
close×

Berikut 3 Program Melengkapi Peta Jalan Pendidikan Vokasi di Riau

Selasa, 07 Des 2021 | 292 kali dilihat

PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy menyampaikan beberapa program yang sudah termuat atau melengkapi peta jalan pendidikan vokasi di Riau.

Pertama adalah Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pendidikan vokasi. SPMI harus menjadi fundamental dalam menciptakan budaya mutu di institusi pendidikan vokasi. 

Faktanya, sistem penjaminan mutu eksternal seperti akreditasi belum sepenuhnya menggambarkan budaya mutu yang diharapkan. SPMI yang baik akan mendorong terus tumbuhnya proses perbaikan yang berkelanjutan dalam berbagai proses pembelajaran di institusi pendidikan vokasi. 

"Sebagai modal awal, institusi pendidikan vokasi di Riau punya rekam jejak yang baik dalam mengimplementasikan SPMI ini," kata Masrul Kasmy di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (7/12/2021).

Program yang kedua adalah penguatan Lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) ataupun Pusat Karir yang ada di institusi pendidikan vokasi. Harus dipahami bersama bahwa karya utama dari sebuah institusi pendidikan adalah lulusannya.

"Institusi pendidikan vokasi harus mempunyai perhatian yang kuat terhadap para alumninya, apakah sesuai dengan kebutuhan stakeholder atau tidak," ujarnya. 

Lembaga pusat karir di institusi pendidikan vokasi menjadi sangat esensial, mulai dari melakukan penyiapan calon lulusan pembinaan karir, mediator penempatan kerja, termasuk juga yang penting adalah dalam kegiatan tracer study (penelusuran) terhadap alumni.

"Supaya relevan, link and match, institusi pendidikan vokasi tentu harus mempunyai data dan punya kemampuan dalam menelusuri keberadaan para alumninya," terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya program menara vokasi dapat dilihat potret alumninya, setidaknya dapat diketahui kesesuaian jurusan dengan bidang pekerjaan, kesesuaian level pendidikan, masa tunggu mendapatkan pekerjaan, termasuk kompensasi yang diterima oleh para lulusan institusi pendidikan vokasi.
 
"Informasi dan data ini sangat penting dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran di institusi pendidikan vokasi. Kita bisa saling berbagi dan belajar juga dalam bidang ini. Setidaknya ada institusi pendidikan vokasi di Riau dengan predikat pusat karir terbaik," terangnya.

Program ketiga adalah penguatan kapasitas dan kapabilitas institusi pendidikan vokasi. Program ini bisa dilakukan setidaknya pada beberapa aspek, diantaranya adalah penguatan tata kelola dan kepemimpinan, penguatan serta peningkatan kualitas/kuantitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta aspek peningkatan kualitas pembelajaran. (MC)