close× Telp +62 761 45505
close×

Asisten III Setdaprov Riau Ikuti Rakor Pre Meeting KPRBN

Selasa, 07 Des 2021 | 414 kali dilihat

PEKANBARU - Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pre meeting Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) secara Virtual yang berlangsung di Ruang Kepala Biro (Karo) Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setdaprov Riau, Kantor Gubernur Riau, Selasa (7/12/2021).

Sebagai informasi, penyederhanaan birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) dikoordinasikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mana tetap memperhatikan dan diselaraskan dengan aspek penyederhanaan birokrasi yang berlaku secara nasional.

Dalam Rakor tersebut, Joni menyebutkan bahwasanya Pemerintah Pusat melalui deputi Kementrian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengadakan sebuah perangkat dan struktur organisasi dalam rangka penyederhanaan terhadap organisasi yang ada di indonesia itu diminta percepatannya. 

"Jadi Kementerian meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Indonesia untuk melalukan percepatan penyederhanaan struktur organisasi di daerah-daerah," sebutnya. 

Oleh karena itu, pihaknya mengatakan bahwa Pemerintah Pusat dan Kementrian Dalam Negeri melakukan tahapan evaluasi untuk melihat sudah sejauh mana proses penyederhanaan struktur ini.

"Tahapan evaluasi ini dilakukan untuk melihat sampai sejauh mana dalam daerah melakukan peninjauan organisasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat," katanya. 

Untuk penyederhanaan organisasi Pemprov Riau, pihaknya sudah mengusungkan semua Kabupaten/Kota kepada Kementrian terkait. Dalam penyederhanaan ini masih ada yang perlu dilakukan pembinaan sedikit.

"Selain itu penyesuaian kembali terhadap rancangan yang diberikan juga perlu dilakukan. Saat ini kita juga sedang meminta klarifikasi surat kita ke pusat sudah sejauh mana perkembangannya,"

Turut hadir dalam Rakot tersebut mendampingi Asisten III Setdaprov Riau, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Setdaprov Riau, Kemal dan tamu undangan lainnya.

(Mediacenter Riau/nb)