close× Telp +62 761 45505
close×

Ini Kata Gubernur Riau Syamsuar usai Disuntik Vaksin Booster

Rabu, 12 Jan 2022 | 53 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar telah menjalani suntikan vaksin booster bertempat di Balai Pelangi, Komplek Kediaman Gubernur Riau, Rabu (12/1/2022). Usai disuntik vaksin, Gubri mengaku tidak merasakan efek apapun.

"Alhamdulillah setelah disuntik vaksin biasa-biasa saja, aman-aman saja," kata Gubri Syamsuar.

Karena itu, Gubri juga kembali menegaskan kepada masyarakat terutama yang tergolong lansia untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga tersebut.

"Masyarakat tak perlu ragu lagi suntik vaksin ketiga atau booster itu, aman," ujarnya.

Dijelaskan Gubri, vaksinasi booster tersebut menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, yang mana daerah sudah bisa melaksanakan vaksin booster yang diutamakan bagi lansia atau masyarakat rentan lainnya. 

"Sesuai arahan pak Presiden bahwa hari ini sudah bisa dimulai untuk pelaksanaan vaksin booster, yang diutamakan untuk lansia dan kelompok rentan lainnya," katanya.

Pada kesempatan itu, Gubri juga mengajak seluruh masyarakat Provinsi Riau yang sudah bisa mendapatkan vaksin booster untuk dapat menuju fasilitas atau tempat vaksinasi yang disiapkan, sebab saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir.  

"Apalagi kita tahu saat ini sudah ada virus varian baru Omicron, karena itu apa yang diarahkan pak Presiden agar kita dapat melaksanakan vaksin booster. Untuk itu kami berharap masyarakat lansia dan rentan lainnya dapat mengikuti pelaksanaan vaksin Booster," ajaknya.

Terpisah sebelumnya, Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Riau, Masrul Kasmy mengatakan, untuk vaksinasi booster di Riau menyasar masyarakat umum dan Lansia. Vaksinasi booster boleh dilaksanakan dengan syarat di kabupaten dan kota capaian vaksinasi pertama sudah di atas 70 persen, dan vaksinasi bagi lansia sudah di atas 60 persen.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi booster bagi lansia sudah bisa dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Riau. Namun, untuk vaksinasi bagi masyarakat umum, belum bisa dilaksanakan di seluruh daerah.

"Vaksin booster bagi masyarakat umum belum semua daerah boleh melaksanakan, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi," ujarnya.



(Mediacenter Riau/ms)