close× Telp +62 761 45505
close×

Gerakan Sholat Subuh Berjamaah disambut Antusias Jamaah Mesjid Nurul Hasanah

Minggu, 14 Agu 2022 | 389 kali dilihat

PEKANBARU - Meski sibuk dengan tugas kegiatan di lingkungan Pemprov Riau, Wakil Gubernur (Wagub) Riau Brigjen TNI H Edy Natar Nasution tetap menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan dakwah Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) ke-68  bersama masyarakat muslim di Provinsi Riau. 

Pasalnya, selain merupakan kegiatan dakwah, kegiatan tersebut juga sudah jadi kegiatan rutinitas yang dilakukan Edy Natar Nasution bersama masyarakat. 

Gerakan sholat subuh berjamaah kali ini, dilaksanakan Wagubri, Ahad (14/8) di Mesjid Nurul Hasanah, Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan, Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua GSSB Riau, H Zulhusni Domo berserta rombongan GSSB Riau, tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejumlah jamaah Mesjid Nurul Hasanah.

GSSB Riau ke-68 ini, juga mendapat sambutan baik dan kebanggan bagi masyarakat. Hal itu terlihat dari antusiasme umat muslim yang ikut serta mengikuti sholat subuh berjamaah. 

Dalam sambutanya, Wakil Gubernur Riau kali ini, menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait bagaimana merubah rahmat menjadi nikmat.

Maksud merubah rahmat menjadi nikmat tersebut, di antaranya rahmat waktu dan kesehatan yang diberikan Allah SWT, sehingga bisa menjalankan sholat subuh berjamaah dan menjadikan sebuah kebiasaan di mesjid.

"Kita bisa melaksanakan sholat subuh berjamaah di mesjid ini juga karena adanya rahmat dari Allah SWT diberikan kesehatan. Dari rahmat kesehatan itulah kita bisa jadi sebagai nikmat dalam meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT," kata Wagubri.

Untuk menjadikan rahmat itu kepada nikmat kata Edy Natar, Allah mengembalikan kepada hambahnya. Sedangkan untuk ia sendiri, menjadikan rahmat itu untuk berdakwah seperti kegiatan GSSB ini.

"Tidak semua rahmat Allah itu bisa menjadi nikmat. Untuk itu saya mengajak mari kita jadikan rahmat itu menjadi nikmat yang juga bisa menjadikan amal ibadah kita terus meningkat pada Allah SWT," ujarnya.

Terkait GSSB Riau ini, Wagub Riau juga menyampaikan, jika tujuanya tidak lepas dari kegiatan dakwah yang saat ini bisa menjadi sebuah kenikmatan dalam kehidupan. 

Gerakan GSSB ini, kata Edy Natar bukan hanya untuk pemimpin tapi juga masyarakat secara keseluruhan dalam mengajak masyarakat dari biasa menjadi kebiasaan.

"Jadi mari terus kita besarkan gerakan sholat subuh berjamaah ini, kita ramaikan Masjid yang ada dilingkungan kita. Jangan jadikan gerakan ini sebagai hal lain. Kecuali sebagai gerakan dakwah," tutur mantan Danrem 031 Wira Bima itu. 

Ketua GSSB Riau, H Zulhusni Domo kembali menegaskan, jika gerakan sholat subuh berjemaah ini merupakan gerakan dakwah dan bukan merupakan gerakan ekonomi maupun politik. Sehingga bisa terus dikembangkan sampai menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam kehidupan. 

"Menyebar dakwah ini merupakan kewajiban kita, maka itu tidak boleh berhenti, terutama gerakan sholat subuh berjamaah ini yang termasuk berat godaanya kepada masyarakat," ujarnya.

Gerakan dakwah paling baik itu di masjid, karena masjid merupakan tempat bersatu ummad muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT.

"Mari kita terus berdakwah yang diawali dari lingkungan kita sendiri. Jika setiap waktu masyarakat bisa mengajak masyarakat lainya sholat berjamaah ini, maka akan ramai mesjid kita disetiap waktu sholat berjamaah. Terutama sholat subuh yang pahalanya cukup besar dari sholat lainya," katanya. 

Sementara Ketua Pengurus Mesjid Masjid Nurul Hasanah, H Masnu Yusuf mengatakan, selain berterima kasih kepada Wagub Riau dan rombongan juga menyampaikan rasa bangga bisa sholat subuh berjamaah dengan pimpinan Riau.

"Ini suatu kebanggaan sama kami dan  masyarakat, karena jarang didapatkan pada pemimpin lain ya di Riau. Tambah lagi pencerahannya terkait nasehat dakwah," ujarnya.

Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkembang dan mesjid-mesjid dilingkungan masyarakat selalu ramai sholat berjamaah. Terutama sholat subuh ini.

"Ini juga merupakan kewajiban kita dalam menyiarkan agama, dan kegiatan seperti ini sebelummya juga selalu kita selenggarakan di Mesjid Nurul Hasanah seperti pengajian-pengajian agama lainya. Semoga gerakan subuh berjamaah ini juga jadi momen utuk kita terus meningkatkan amal ibadah," tutupnya.



(Mediacenter Riau/az)