close× Telp +62 761 45505
close×

Kepala Perwakilan Ombudsaman Riau : Jangan Letakkan SDM Tidak Kompeten di Pelayanan Publik

Rabu, 07 Des 2022 | 40 kali dilihat

PEKANBARU – Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Riau, Bambang Pratama menghimbau kepada seluruh stakeholder, baik Lembaga vertikal maupun Organisasi Perangkat Daerah untuk menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di temapat – tempat pelayanan publik.

“Kami berharap komitmen dari pada Pimpinan bahwa jangan ada lagi meletakkan SDM yang tidak kompeten bahkan menjadi tempat buangan. Wajah kita Riau ini adalah wajah pelayanan public,” tegas Bambang di Gedung Daerah Balai Serindit. Rabu, (7/12/2022).

Ia mengakui jika melihat pelayanan publik 10 tahun kebelakang, saat ini memang sudah jauh berkembang, yang dari awalnya mengambil nomor antrian secara manual, kini sudah dapat diakses melaui digital.

Namun begitu, menurutnya pelayanan public masih harus terus ditingkatkan terutama dalam hal kualitas SDM yang berkerja ditempat tersebut.

“Hari ini kita sedang berbenah. Saya yakin dan percaya hadir kawan – kawan disini Kepala Dinas Disdukcapil yang juga berjuang  memberikan pelayanan administrative kepada seluruh masyarakat di Provinsi Riau,” ujarnya.

Bambang mencontohkan, saat ini Provinsi Riau sudah memiliki Jalan Tol namun jika dalam pelayanan public dimana petugas tidak kompeten dan sulit untuk mengakses layanan dasar seperti Pendidikan, administrasi kependudukan, perizinan maka hal ini tentu malah akan menyusahkan masyarakat.

“Maka saya pikir kita menjadi hidup dalam dunia modern tapi tidak dalam hati yang bahagia. Kita lihat Negara – Negara yang harapan hidup bahagianya lebih tinggi, maka pasti pelayanan publiknya jauh lebih bagus,” ucapnya.

Untuk itu, Bambang mengajak seluruh pihak untuk dapat bersama – sama memperbaiki hal ini. Ia percaya, dengan indikator – indikator yang terukur perbaikan ini dapat diwujudkan, sehingga masyarakat akan semakin senang dan bahagia.



(Mediacenter Riau/wjh)