close× Telp +62 761 45505
close×

Prakiraan Cuaca BMKG Pekanbaru: Potensi Hujan Ringan hingga Sedang pada 13 Juli 2023

Kamis, 13 Jul 2023 | 117 kali dilihat

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis informasi prakiraan cuaca dan hotspot untuk Provinsi Riau pada hari Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut Mia, forecaster cuaca BMKG Pekanbaru, pagi hari di Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

Sementara itu, siang hari juga diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak.

Pada sore hingga malam hari, cuaca diprediksi akan berawan di Pekanbaru dan sekitarnya. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Dumai.

Saat dini hari, kondisi cuaca masih akan berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.

"Peringatan ini berlaku untuk beberapa wilayah, seperti Kampar, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan Pekanbaru pada sore, malam, dan dini hari," kata Mia.

Suhu udara di Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 33.0 °C. Kelembapan udara diprediksi berkisar antara 60 hingga 99 persen. Angin bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Untuk prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau, tinggi gelombang diperkirakan berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (Rendah)," jelasnya.

Selain itu, dalam update terkait titik panas (hotspot) pada pukul 23.00 WIB, total hotspot di Sumatera mencapai 9 titik. Terdapat 1 hotspot di Sumatera Barat, 2 hotspot di Jambi, 2 hotspot di Bangka Belitung, 1 hotspot di Sumatera Selatan, dan 3 hotspot di Lampung.

"Namun, tidak ada hotspot yang terdeteksi di Provinsi Riau," jelasnya. 



(Mediacenter Riau/bts)