close× Telp +62 761 45505
close×

369 Jemaah Haji Kloter BTH -13 Tiba di DHA Provinsi Riau

Kamis, 13 Jul 2023 | 106 kali dilihat

PEKANBARU- Alhamdulillah, Jemaah haji Provinsi Riau tergabung dalam kloter BTH – 13 yang terdiri dari jemaah asal Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Dumai tiba dengan selamat di Debarkasi Haji Antara Provinsi Riau Kamis subuh sekitar pukul 04.40 WIB. 

Kepulangan Jemaah Haji Kloter BTH-13 ini disambut oleh Kepala Biro Kesra Zulkifli Syukur, Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi , Bupati Kuantan Singingi  Suhardiman Ambe dan Sekda Kota Dumai Indra Gunawan.

"Jemaah haji asal Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Dumai ini di awal keberangkatan berjumlah 371 orang, namun kembali ke tanah air berjumlah 369 orang, terdapat 2 orang wafat di Arab Saudil,"ujar Plh Kanwil Kemenag Riau, Kamis (13/7/2023). 

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa, dengan kedatangan Kloter BTH - 13 atau EHA - 10 ini, jumlah jemaah haji embarkasi haji antara Riau yang sudah kembali ke tanah air berjumlah 3.696 orang dan 21 orang Wafat, 19 orang wafat di Arab Saudi, 2 orang di Rs. Batam.

Lebih lanjut Muliardi berpesan kepada jemaah untuk menjadi panutan bagi keluarga dab masyarakat dengan selalu meningkatkan ketaqwaan. 

"Sekembalinya dari tanah suci dan berada ditengah - tengah keluarga, masyarakat hendaklah dapat menjadi panutan dengan selalu meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak amal kebaikan serta memperkuat keimanan dan keatqwaan kepada Allah SWT serta tunjukkan perilaku yang baik dihadapan keluarga dan masyarakat,"harapnya.

Sementara itu dalam laporannya Ketua Kloter BTH - 13  H. Riko Pilihantoni menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas yang telah memberikan layanan terbaiknya kepada jemaah haji selama di arab saudi hingga kembali ke tanah air. 

"Terima kasih kepada seluruh petugas yang sudah bekerja sama memberikan layanan kepada jemaah haji, hingga di luar ketentuan yang telah ditetapkan. Hingga ada petugas yang sampai mencuci kototran jemaah". 

Riko juha melaporkan bahwa jumlah jemaah haji Kloter BTH - 13 ketika keberangkatan berjumlah 371 orang, setelah arafah terdapat dua orang jemaah asal Kuansing dan Dumai meninggal di Makkah. Sehingga jemaah yang kembali berjunlah 369 orang. Sesampainya di Batam terdapat dua orang jemaah yang tanazul dari Kabupaten pelalawan sehingga jumlah BTH - 13 kembali ke Pekanbaru berjumlah 371 orang.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bendera merah putih dari ketua kloter kepada PPIH Debarkasi Haji Antara Tiau yang diterima Sekretaris PPIH EHA Riau yang juga Kepala Biro Kesra Drs. H. Zulkifli dan selanjutnya diserahkan laporan dari PPIH Provinsi oleh Plh. Ka. Kanwil Kemenag Riau Dr. H. Muliardi, M. Pd kepada PPIH Daerah yang diterima Bupati Kuansing.