close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Syamsuar Harap Pengurus Kejuangan 45 Kuansing Jadi Tauladan untuk Kemajuan Bangsa

Jum'at, 14 Jul 2023 | 117 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melantik pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (BPPK) 45 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Masa Bakti 2023-2028 di Gedung Balai Pauh Janggi, Jumat (14/7/2023).

Adapun Ketua DHC BPPK 45 Kuansing yang dilantik oleh orang nomor satu di Riau yakni Suhardiman Amby yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kuansing.

Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa dilantiknya kepengurusan DHC Kejuangan 45 Kuansing merupakan hasil musyawarah daerah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 

"Selamat dan sukses menjalankan amanah organisasi Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45," kata Syamsuar. 

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Kejuangan 45 berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kejuangan 45 berawal dari angkatan 45 yang telah mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada17 Agustus 1945 lalu. 

Lanjutnya, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan pancaran ungkapan jiwa dan semangat merdeka yang sangat kuat tertanam dalam jiwa Bangsa Indonesia yang dimotori oleh Founding Father, yang disebut sebagai Angkatan 45.

Angkatan 45 merupakan generasi pembebas telah berhasil mengukir sejarah dengan ciri semangat juang, perjuangan fisik menegakan dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan Negara dalam satu kesatuan Republik Indonesia, suatu peranan yang menentukan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari para Pahlawan dan pejuang Angkatan 45 lahir prinsip dan ide cemerlang dan kemudian diabadikan dalam Pembukaan UUD 1945. 

"Lahirlah kemudian jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 yang melandasi patriotisme, perjuangan dan pengorbanan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sampai dengan sekarang," terangnya. 

Lanjutnya, sekarang dalam keterbukaan dan era informasi. Angkatan 45 secara fisik hampir sirna, secara perlahan namun pasti generasi 45 beralih ke pasca 45 dan seterus beralih ke generasi yang lebih muda sebagai generasi Penerus. 

"Sekarang ini peran serta Angkatan 45 berubah dari juang perjuangan fisik, menjadi kekuatan moral. Sebagai wadah pembudayaan jiwa, semangat dan nilai-nilai Kejuangan 45 yang pada gilirannya akan menjadi nilai-nilai kejuangan bangsa Indonesia," pungkasnya. 

Mantan bupati Siak dua periode ini juga berharap pengurus yang baru dilantik dapat menjadi tauladan dan berbuat yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan NKRI.

"Selamat bertugas," tutupnya singkat.



(Mediacenter Riau/sam)