close× Telp +62 761 45505
close×

Wagub Riau Ajak Jemaah Masjid Ponpes Badrul Islam Evaluasi Ibadah

Sabtu, 15 Jul 2023 | 107 kali dilihat

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution melanjutkan kegiatan dakwahnya melalui Gerakan Shalat Subuh Berjemaah (GSSB) Provinsi Riau. Bertempat di Masjid Ponpes Badrul Islam, Jalan Tengku Kasim Perkasa, Kelurahan Rantau Panjang, Kecamatan Rumbai Barat, pada Sabtu (15/7/2023).

GSBB telah diselenggarakan sebanyak 135 kali di sejumlah kabupaten/kota di daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya untuk membawa dan mengajak masyarakat menuju ke arah perubahan yang lebih baik melalui syiar agama tersebut.

Dalam tausiyahnya, Wagubri Edy sampaikan, tidak lama lagi umat muslim akan berjumpa dengan tahun baru hijriyah. Maka dari itu, dirinya mengajak para jamaah menjadikan kesempatan itu sebagai momen untuk mengevaluasi ibadah yang telah dikerjakan.

"4 hari kedepa kita akan memasuki tahun baru islam, layaknya jika mengakhiri sebuah tahun masehi ataupun hijriyah, harusnya kita mengevaluasi diri terhadap segala bentuk kegiatan yang telah dilakukan selama setahun penuh. Hisablah diri kalian, hitunglah diri kalian, sebelum kalian tiba masanya untuk dihisab, karena masa itu akan datang," ucapnya.

"Oleh karena itu, sangat sayang rasanya dengan pergantian tahun nantinya kita tidak mengevaluasi diri. Kita evaluasi bagaimana shalat kita, bagaimana puasa, dan tahajud serta ketaatan terhadap perintah allah lainnya. Apakah lebih baikkah atau kualitasnya malah menurun" imbuhnya.

Edy Nasution yang memiliki gelar adat melayu Riau sebagai Datuk Seri Timbalan Amanah itu katakan, shalat adala perintah Allah yang wajib untuk ditunaikan. Walaupun Allah telah menetapkan beberapa kemudahan bagi umat manusia dalam mengerjakannya.

"Disaat sehat kita wajib melakukan shalat, saat sakit kitapun wajib melakukannya. Sekalipun kita tidak memiliki anggota tubuh yang lengkap kita tetap wajib untuk mengerjakan perintah Allah tersebut selagi kita memiliki akal yang sehat. Tida ada alasan untuk meninggalkannya. Menurut saya shalat adalah bentuk kesetiaan seorang umat kepada tuhannya," ujarnya.

Kemudian, mantan Danrem 031/Wira Bima itu menjelaskan, alquran memerintahkan umat Islam untuk mendirikan shalat sejak matahari terbit sampai gelapnya malam. Alquran juga menjelaskan bahwa sholat Subuh disaksikan oleh malaikat. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Isra' Ayat 78.

"Dirikanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan laksanakan pula sholat subuh, Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat," kata Wagubri Edy menafsirkan ayat tersebut.

"Dapat kita pahami, allah mengatakan shalat subuh secara tersendiri. Kenapa? Karna disaksikan oleh malaikat. Kesaksian malaikat inilah yang kita butuhkan nantinya dipengadilan allah, dan kaki juga tangan kita akan ikut bersaksi, atas apa yang kita kerjakan diatas dunia ini. Maka dari itu, persiapkanlah saksi kita dipengadilan allah, sebagai penyelamat kita nantinya," pungkasnya.



(Mediacenter Riau/Alw)