close× Telp +62 761 45505
close×

News

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Berhasil Angkat Tumor Ovarium Seberat 25 Kg

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-6382
Tuesday, Jun 20 2023

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor ovarium seberat 25 Kg. Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis Onkologi Ginekologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K)Onk bersama tim bedah sentral dan anestesi (26/05/2023).

dr. Ari Hidayat, Sp.OG(K) Onk menyampaikan pada mulanya pasien datang dalam keadaan terlambat dengan kondisi perut telah membesar dan rasa sakit yang tidak tertahankan (24/05/2023). Setelah di USG terdeteksi bahwa perut yang besar ini disebabkan oleh tumor ovarium yang telah berkembang sehingga diputuskan dilakukan operasi pengangkatan 2 hari setelahnya. Pasca operasi, alhamdulillah kondisi pasien terus membaik dan saat ini telah diperbolehkan pulang untuk terus menjalani kontrol secara rutin.

Anak pasien menceritakan sekitar 3 tahun lalu perut ibu kami (pasien) tampak mulai membesar. Namun dikarenakan tidak bergejala, ibu selalu menolak ketika diajak berobat dengan alasan takut sehingga lama – lama perutnya terus membesar. Setelah bergejala yaitu sakit pada perut dan susah untuk BAB, ibu pun mau kami ajak berobat dan dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Setelah menjalani operasi, Alhamdulillah kondisi ibu kami mulai membaik, perut tidak lagi besar dan gejala mulai hilang. Untuk itu kami bersyukur kepada Allah.SWT dan berterimasih kepada RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau khususnya dokter dan tim yang telah memberikan penanganan terbaik kepada ibu kami.

    
Kondisi pasien sebelum operasi, tumor 25 kg setelah berhasil di angkat, dan kondisi pasien setelah menjalani operasi mulai membaik.

dr. Ari menjelaskan tumor ovarium berawal dari kista (benjolan berisi cairan / udara / zat padat) yang tumbuh pada indung telur. Apabila kista terus berkembang, bisa berubah menjadi tumor dan bisa saja menjadi kanker bila terbukti ganas oleh pemeriksaan laboratorium anatomi. Untuk penanganannya jika tumor harus operasi dan jika kanker harus operasi dan kemoterapi, dll.

Kepada masyarakat dr. Ari menghimbau untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh, jika ada perubahan janggal segera periksakan ke dokter. Selain itu mari terus tingkatkan pemahaman dan wawasan tentang tumor dan kanker agar pencegahan dan deteksi dini dapat dilakukan dan terhindar dari bahaya tumor dan kanker.

Jadwal dr. Ari Hidayat, Sp.OG(K) di Poliklinik Onkologi Ginekologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Salam MedikAA