close× Telp +62 761 45505
close×

News

Mari Mengenal Kanker Usus Besar (Karsinoma Rektum), Gejalanya Dan Pencegahannya,,

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-6474
Monday, Aug 14 2023

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan penyuluhan tentang Kanker Usus Besar (Karsinoma Rectum) kepada pengunjung instalasi Kanker Terpadu di Gedung Seruni dengan menghadirkan narasumber dokter spesialis bedah konsultan bedah digestif RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD.

  

dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD memberikan paparan tentang Kanker Usus Besar (Karsinoma Rectum) kepada pengunjung instalasi Kanker Terpadu di Gedung Seruni

Dalam paparannya, dr. Baihaqi menyampaikan kanker usus terjadi akibat adanya mutasi gen (pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali) di usus besar. Hingga saat ini belum diketahui penyebabnya namun ada beberapa faktor gaya hidup yang bisa menjadi pemicu seperti kurang mengkonsumsi makanan berserat, jarang berolahraga, merokok, dan minum alkohol.

Tanya jawab antara keluarga pasien dengan dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD tentang Kanker Usus Besar

Selain faktor diatas juga ada beberapa kondisi yang juga dapat menambah resiko terjadinya kanker usus seperti memiliki keluarga dengan riwayat kanker, berusia diatas 50 tahun, infeksi usus yang dibiarkan berlarut, dan obesitas. Adapun gejalanya seperti susah BAB, adanya darah segar pada feses, perut sering terasa kembung dan nyeri, penurunan berat badan, mual dan muntah dan gejala anemia.

Himbauan dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD agar terhindar dari kanker usus besar 

Agar terhindar dari kanker usus, dr. Bayhaqi menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengkonsumsi makanan tinggi serat, menghindari makanan yang mengandung kimia dan makanan yang dibakar. Apabila mengalami gejala diatas segera periksakan ke faskes terdekat karena semakin cepat terdeteksi, penanganan lebih mudah untuk dilakukan.

Tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau berfoto bersama dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD

Jadwal dr. Bayhaqi, Sp.B(K)BD di Poliklinik Bedah Digestif RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

 

Salam MedikAA