close× Telp +62 761 45505
close×

News

Dinas Kelautan Dan Perikanan Riau Gelar Sosialisasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-6490
Monday, Nov 20 2023

Pekanbaru - Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Riau mengadakan Sosialisasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) di Favehotel Pekanbaru pada Rabu, 15 s.d 16 November 2023. Acara ini dihadiri oleh auditor dan verifikator dari dinas perikanan 12 kabupaten kota di Provinsi Riau. Dalam sosialisasi CBIB, Tim Pokja CBIB Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, diwakili oleh Ir. Ahmad Maringi, M.Si, dan Balai Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) yang diwakili oleh Dr. Rahmad, turut menjadi narasumber. 

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada para pembudidaya, baik kelompok maupun individu, di 12 kabupaten kota Provinsi Riau. Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Tengku Fauzan Tambusai, S.STP, menyampaikan harapannya agar peserta bisa memperoleh sertifikat CBIB. "Sosialisasi CBIB ini penting agar pelaku pembudi ikan di Provinsi Riau dapat memenuhi syarat dan mendapatkan sertifikat. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas budidaya ikan di daerah ini, " ujar Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tengku Fauzan Tambusai, S.STP.

Selain itu, para utusan dari dinas perikanan kabupaten kota diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama sosialisasi ini di wilayah masing-masing. Ini menjadi langkah penting untuk memastikan keberlanjutan budidaya ikan yang berkualitas. 

Dalam kesempatan ini, peserta juga diberikan pemahaman mendalam mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar kelompok budidaya maupun perorangan bisa meraih sertifikat CBIB. Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam sektor perikanan di Provinsi Riau. "Kenaikan hasil produksi ikan di daerah kita akan berdampak positif pada perekonomian. Menjadi produsen ikan air tawar di Pulau Sumatra adalah target kita untuk masa depan, dan hal ini akan memberikan terang bagi kemajuan ekonomi kita." tambahnya.

Dalam refleksi tahun ini, Fauzan menyampaikan kepuasannya atas kerjasama yang solid antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dengan dinas perikanan 12 kabupaten kota di Riau. Hasil kerja keras bersama telah melampaui target bersama untuk tahun 2023 dengan sertifikasi CBIB sebanyak 180 unit.

Image title


Lebih lanjut, Fauzan mengungkapkan prestasi luar biasa pada tahun ini. Melalui komunikasi yang efektif antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dengan dinas perikanan di 12 kabupaten kota, berhasil disertifikasi sebanyak 240 unit pembudidaya ikan. Penghargaan juga diberikan kepada para auditor di Dinas Provinsi maupun Kabupaten Kota atas kontribusi mereka.

"Dengan pencapaian ini, kami berharap produksi ikan di Provinsi Riau dapat meningkat pesat. Ini adalah langkah signifikan menuju visi kami sebagai produsen ikan air tawar di Pulau Sumatra, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan."tutupnya.