close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

TINGKATKAN IMTAQ, BKP2D ISI RAMADHAN DENGAN TAUSIYAH

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1421
Selasa, 07 Jun 2016

Senin (6/6) siang, ba'da Zuhur, seperti Ramadhan-Ramadhan sebelumnya, Ramadhan 1437H/2016M kali ini di Musholla Al Mizan BKP2D Prov Riau kembali diadakan kuliah tujuh menit (kultum). Kultum hari ini diisi tausiah oleh Ustadz Zulfikar Abdul Malik, LC, dengan tema kehidupan keluarga Rasulullah dibulan Ramadhan.

Rasulullah, sebagai pemimpin agama dan negara adalah tauladan yang utama bagi umat. Demikian juga dengan keluarganya yang selalu mendukung setiap langkah perjuangan Nabi dalam menegakkan perintah ALLAH SWT. Dalam satu hadist diceritakan bahwa suatu hari Rasulullah memasuki rumah Aisyah ra dan bertanya ''Makanan apa yang ada hari ini ya Humairah?, demikian Rasulullah memanggil istrinya tersebut. Kemudian Aisyah menjawab, Tidak ada ya Rasulullah. Bahkan kemudian Aisyah menjelaskan juga dengan panjang kalau dirumahnya tepung, roti, gandum, kurma semuanya tidak ada. Kemudian Rasulullah, dengan bijak menjawab, 'Kalau begitu, saya akan berpuasa sunat'.

Selanjutnya, dalam ceramahnya ustadz menyampaikan hikmah berpuasa dalam hidup, sehingga dapat memberikan kesehatan baik bagi jasmani maupun rohani. Selain itu disampaikan juga tata cara Baginda Rasullullah SAW setelah menerima perintah menjalankan ibadah puasa wajib pada bulan suci Ramadhan.

Pejabat beserta staf di lingkungan BKP2D Provinsi Riau mengikuti tausiyah dengan seksama, sehingga dapat dipetik hikmah berpuasa. Jangan jadikan puasa untuk bermalas-malasan, tapi sebaliknya jadikanlah puasa sebagai momentum diri untuk kembali kepada fitrah manusia.

Sebelumnya, Jum'at (3/6) jelang Ramadhan, Kepala dan seluruh jajarannya di BKP2D Provinsi Riau terlebih dahulu mengadakan kegiatan silaturahim yang juga diisi dengan tausiah. Tausiah ini berisi tema bagaimana sikap seorang mukmin menyambut, saat dan setelah bulan suci Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang mulia dan paling ditunggu umat Muslim sedunia. Ramadhan hendaklah disambut dengan gembira dan persiapan hati yang bersih dengan saling memaafkan terutama kepada orang tua, saudara, rekan kerja, tetangga dan kerabat lainnya.

Semoga dengan Ramadhan, ALLAH mengampuni dan memaafkan dosa-dosa kita yang telah lalu serta menjadikan kita kembali terlahir fitrah seperti bayi. (ZL/rhn)

TAUSIAH RAMADHAN 1437H HARI PERTAMA DI MUSHOLLA AL MIZAN BKP2D PROVINSI RIAU

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

SILATURAHIM JELANG RAMADHAN KELUARGA BESAR BKP2D PROVINSI RIAU

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title